Khasanah, Yuni Nur (2024) Keefektifan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) dalam Meningkatkan Kemampuan Kreativitas Peserta Didik Kelas IV pada Mata Pelajaran IPAS Materi Bagian Tubuh Tumbuhan di SD MIT AL-Anshor Ambon. Skripsi thesis, IAIN AMBON.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (876kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (346kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (595kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (483kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (906kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (305kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan kreativitas peserta didik kelas IV MIT AL-Anshor Ambon dalam menerapkan model Pembelajaran Project Based Learning serta keefektifan model Project Based Learning dalam meningkatkan kemampuan kreativitas peserta didik kelas IV MIT AL-Anshor Ambon pada mata pelajaran IPAS. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV MIT AL-Anshor Ambon dengan jumlah 33 peserta didik yang terdiri dari 2 kelas dengan sampel penelitiannya adalah peserta didik kelas IV-A (kelas eksperimen) dan kelas IV-B (kelas kontrol) dengan jumlah 33 peserta didik. Data dari penelitian ini dianalis dengan menggunakan IBM SPPS Statistic 21. Instrumen penelitian menggunakan metode tes dan nontes (angket, wawancara dan dokumentasi. Data diperoleh dari nilai awal (Pretest) sebelum perlakuan dan nilai akhir (posttest) setelah diberikan perlakuan. Data yang diperoleh diolah dan diananlisis dengan teknik statistik dengan menggunakan uji t sampel Independent Samples Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara model pembelajaran Project Based Learning dengan model ceeramah yang diterapkan dengan nilai rata-rata kelas eksperimen pada Pretest yaitu 74.41 dan Posttest 92.18, dan kelas kontrol nilai rata-rata pada Pretest yaitu 68.94 dan Posttest 82.25. Hasil uji hipotesis menunjukkan t-hitung lebih besar dari t-tabel, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Uji N-gain menunjukkan nilai sebesar 0.8, berada pada kategori tinggi. Hal ini, menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif rerata model pembelajaran Project Based Learning dalam meningkatkan kemampuan kreativitas peserta didik mata pelajaran IPAS kelas IV di MIT AL-Anshor Ambon.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information/Pembimbing: | Pembimbing I : Dr. Anasufi Banawi, S. Pd., M. Pd / Pembimbing II : Iga Ayu Intan Candra, M. Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Project Based Learning |
Subjects: | IAIN Ambon > Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Berdasarkan Subyek > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Yunita Febriani |
Date Deposited: | 16 Jul 2025 04:48 |
Last Modified: | 16 Jul 2025 04:48 |
URI: | http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/4638 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |