Latuconsina, Nunung (2025) Strategi Pembelajaran Bagi Anak Tunadaksa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Tingkat SMA di SLB Negeri Batu Merah Ambon. Skripsi thesis, IAIN AMBON.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (794kB) |
![]() |
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (383kB) |
![]() |
Text
BAB II LANDASAN TEORI.pdf Download (390kB) |
![]() |
Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf Download (233kB) |
![]() |
Text
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Registered users only Download (456kB) |
![]() |
Text
BAB V - LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui pelaksanaan strategi pembelajaran bagi anak tunadaksa pada mata pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti tingkat SMA di SLB Negeri Batu Merah Ambon. Dan untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan hambatan bagi Strategi Pembelajaran Bagi Anak Tunadaksa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Tingkat SMA Di SLB Negeri Batu Merah Ambon. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan tipe penelitian lapangan (field reseach). Waktu penelitian dilakukan selama satu bulan terhitung mulai dari tanggal 18 Desember 2024 sampai dengan 18 Januari 2025. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 2 orang terdiri dari kepala sekolah, 1 orang guru PAI Tingkat SMA di SLB Negeri Batu Merah Ambon. Adapun tehnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu; observasi, wawancara dan dokumentasi serta teknik analisis data yang digunakan meliputi; tahap reduksi data, penyajian data dan tahap penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran bagi Anak Tunadaksa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti yaitu; 1). Strategi pendidikan integrasi yaitu meliputi: Guru memberikan pembelajaran serta terapi akupasi kepada siswa, Membantu siswa dalam berbicara ketika belajar, 2). Strategi pendidikan segresi meliputi yaitu; Guru memberikan tugas kepada siswa agar bisa dikerjakan dirumah, Guru sering memakai alat bantu berupa alat komunikasi, 3. Penataan lingkungan belajar meliputi yaitu; Guru menciptkan lingkungan belajar yang nyaman dan menyenangkan, Sekolah menyiapkan keperluan siswa yang berupa alat bantu dan alat belajar. Faktor pendukung dalam Strategi Pembelajaran Bagi Anak Tunadaksa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Tingkat SMA di SLB Negeri Batu Merah Ambon Yaitu; (1) faktor internal terdiri atas minat belajar peserta didik dan motivasi.(2) faktor eksternal yakni terjalin hubungan yang harmonis antara guru dengan peserta didik serta guru dan wali murid. Faktor penghambat dalam Strategi Pembelajaran Bagi Anak Tunadaksa Pada Mata Pelajaran Pendidika Agama Islam Tingkat SMA di SLB Negeri Batu Merah Ambon yaitu; (1) faktor internal terdiri atas (a) kurangnya konsentarasi peserta didik dalam kegiatan pembelajaran dan (b) terhambatnya perkembangan komunikasi/ bahasa peserta didik. (2) faktor eksternal terdiri atas (a) fasilitas media yang kurang memadai, sehingga pembelajaran menjadi kurang efektif.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information/Pembimbing: | Pembimbing I : Dr. Hj. St Jumaeda, M.Pd. I/ Pembimbing II : Andi Rahmat Abidin, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | strategi pembelajaran, Anak tunadaksa, Sekolah Luar Biasa |
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Sitti Muthmainnah Raharusun |
Date Deposited: | 19 Aug 2025 00:23 |
Last Modified: | 19 Aug 2025 00:23 |
URI: | http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/4737 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |