Search for collections on Repository UIN AM Sangadji Ambon

SKRIPSI_Strategi pemasaran buah Pala di desa Rumeon kecamatan Pulau Gorom Kabupaten Seram Bagian Timur perspektif ekonomi Islam.

Rumata, Rahma Wati (2024) SKRIPSI_Strategi pemasaran buah Pala di desa Rumeon kecamatan Pulau Gorom Kabupaten Seram Bagian Timur perspektif ekonomi Islam. Skripsi thesis, IAIN AMBON.

[img] Text
Halaman Awal.pdf

Download (535kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (406kB)
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (631kB)
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (321kB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (908kB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (292kB)
[img] Text
Daftar Pustaka - Lampiran.pdf

Download (685kB)

Abstract

Penelitian ini berfokus pada strategi pemasaran buah pala di desa rumeon. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran buah pala bagi petani di desa rumeon kecamatan pulau gorom dan untuk mengetahui strategi pemasaran buah pala di desa rumeon dalam perspektif ekonomi Islam. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek atau informan dalam penelitian adalah 4 orang dari petani desa rumeon. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Huberman pada buku pawito yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan serta pengujian kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat 2 strategi pemasaran yang di terapkan oleh masyarakat rumeon yang mana jika hasil atau produknya sedikit maka strategi pemasarannya di tingkat desa dan jika hasil atau produknya banyak maka pemsarannya pada tingkat kecamatan, Adapun alasan yang di temukan di balik strategi pemasaran yaitu karena lokasi yang dekat, kebutuhan, cepat menjadi uang dan juga membantu sesama. Sedangkan jika dilihat dari sudut pandang ekonomi islam, maka di dapatkan bahwa pemasaran tingkat desa mengandung empat unsur karakteristik pemasaran syariah yaitu ketuhanan, etis, realistis dan juga humanistis. Sedangkan pemasaran tingkat kecamatan hanya mengandung unsur realistis atau mendapatkan keuntungan Kata kunci: Strategi Pemasara Buah Pala di Desa Rumeon Dalam Perspektif Ekonomi Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I: Dr. Djumadi, M. H.I Pembimbing II: Yudhy M. Latuconsina, S. E, M.SA. CA
Subjects: Ekonomi Syariah
UIN AM Sangadji Ambon > Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Divisions: Berdasarkan Subyek > Ekonomi Syariah
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Usemahu Abdullah
Date Deposited: 06 Nov 2025 01:09
Last Modified: 06 Nov 2025 01:09
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/4769

Actions (login required)

View Item View Item