Analisis Proses Berfikir Pada Materi Lingkaran Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Leihitu

Kaisuku, Yuni (2020) Analisis Proses Berfikir Pada Materi Lingkaran Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Leihitu. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
bab 1,3,5.pdf

Download (1MB)
[img] Text
bab 1-5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Proses berpikir adalah suatu proses pemecahan masalah yang dilandasi dengan berbagai ide-ide atau gagasan-gagasan yang abstrak dalam ingatan seseorang yang masih tersembunyi atau setengah tersembunyi dalam menyelesaikan persoalan-persoalan matematika. gaya belajar adalah suatu kunci atau cara untuk mengumpulkan informasi, menafsirkan, mengorganisasi, dan merespon kembali apa yang telah dipelajari dalam meningkatkan hasil belajar matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses berfikir pada materi lingkaran ditinjau dari gaya belajar siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Leihitu. Tipe penelitian yang digunakan adalah Penelitian Kualitatif, sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Leihitu. Subjek dalam penelitian adalah 3 orang, instrument berupa angket, tes, pedoman wawancara. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa analisis proses berpikir ditinjau dari gaya belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Leihitu. Dimana dalam proses penyelesaian masalah siswa yang memiliki gaya belajar visiual mampu memenuhi indikator berfikir konseptual yaitu, mampu mengungkapakan apa yang diketahui dalam soal dengan kalimat sendiri, serta dalam menjawab cenderung menggungkapkan konsep yang sudah di pelajari. Untuk gaya belajar auditori mampu memenuhi indikator berfikir semi konseptual yaitu, mampu mengungkapkan apa yang diketahui dalam soal dengan kalimat sendiri, serta dalam menjawab cenderung berdasarkan konsep yang didapatkan namun pada hasil akhirnya siswa mengalami kekeliruan. Begitupun gaya belajar kinestetik mampu memenuhi indikator komputasional yaitu mampu mengungkapkam apa yang diketahui dalam soal dengan kalimat sendiri, namum dalm menjawab siswa cenderung menjawab asal – asalan atau tidak berdasarkan pemahaman yg di dapatkan selama ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Dr. Ajeng Gelora Mastuti, M.Pd / Syafruddin Kaliky, M. Pd
Uncontrolled Keywords: proses berpikir
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 07 Sep 2020 02:33
Last Modified: 07 Sep 2020 02:33
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/509

Actions (login required)

View Item View Item