Ahmat, Oshin (2019) Peran Guru Biologi Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Lintas Minat Biologi Kelas XI IPS di SMA Negeri 9 Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.
Text
bab 1,3,5.pdf Download (2MB) |
|
Text
bab 1-5.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Peran guru sangat penting dalam dunia pendidikan, karena guru bertugas dan bertanggung jawab sebagai demonstrator, pengelolah kelas, motivator, fasilitator, evaluator. Program lintas minat kurikulum 2013 ini merupakan program baru dan kebijakan baru dari pemerintah. Program ini bertujuan untuk memberikan kesempatan dan peluang kepada siswa untuk dapat memilih dan mempelajari mata pelajaran yang tidak ada pada program peminatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru biologi dalam meningkatkan minat belajar siswa IPS terhadap mata pelajaran lintas minat biologi kelas XI IPS di SMA Negeri 9 Ambon. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif, yang bertujuan untuk mengambarkan dan mengungkapkan suatu masalah, keadaan, peristiwa sebagaimana adanya. Teknik pengumpulan data adalah wawancara, angket, dokumentasi, instrument penelitian dan teknik analisis data. Hasil penelitian menunjukan bahwa peran yang dilakukan guru pendidikan biologi dapat meningkatkan minat belajar siswa dengan kategori sangat tinggi yang sesuai dengan indikator peran guru yaitu guru sebagai demonstrator dengan presentasi 85%, guru sebagai pengelolah kelas dengan presentasi 80%, guru sebagai motivator dengan presentasi 100% ,guru sebagai fasilitator dengan presentasi 100%, serta guru sebagai evaluator dengan presentasi 100 %.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information/Pembimbing: | Dr. M.Faqih.Seknun.M.Pd.I. / Surati. M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | minat belajar |
Subjects: | Pendidikan Biologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | La Iba |
Date Deposited: | 17 Sep 2020 01:54 |
Last Modified: | 17 Sep 2020 01:54 |
URI: | http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/557 |
Actions (login required)
View Item |