Deskripsi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Materi Aritmatika Sosial

Rantimen, Misni (2020) Deskripsi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Materi Aritmatika Sosial. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
bab 1,3,5.pdf

Download (5MB)
[img] Text
bab 1-5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal matematika pada materi aritmatika sosial. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan kurang lebih satu bulan di SMP Muhammadiyah Ambon terhitung dari tanggal 9 Januari sampai dengan tanggal 9 Februari 2020. Subjek dalam penelitian ini adalah berjumlah 3 orang siswa, proses pengambilan subjek berdasarkan hasil kerja siswa yang menjawab benar dan langkah-langkah penyelesaiannya memenuhi indikator berpikir kritis. Dari hasil data jenuh tersebut diambil dua orang siswa yang mampu memenuhi indikator berpikir kritis dan mampu mengungkapkan pertanyaan dari peneliti. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal tes dan pedoman wawancara. Analisis data terdiri atas reduksi data, paparan data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal aritmatika sosial pada kelas VII SMP Muhammadiyah Ambon, sudah memenuhi 6 kriteria berpikir kritis. Karakteristik berpikir kritis S1 pada proses think alouds dan dilakukan refleksi dengan soal yang sama untuk diwawancarai mampu menjawab benar dan telah memenuhi 6 kriteria berpikir kritis tersebut yaitu mampu memahami masalah, menggunakan strategi dalam memberikan alasan berdasarkan fakta atau bukti yang relevan dari langkah penyelesaian, membuat kesimpulan dari alasan yang dikemukakan, dan menggunakan semua informasi sesuai dengan permasalahan dan membedakan beberapa hal dengan jelas yaitu melakukan pembuktian, serta meneliti kembali hasil pekerjaan secara menyeluruh. Sedangkan S2 pada proses think alouds, yang dilakukan belum memenuhi indikator berpikir kritis karena S2 tidak mengklarifikasi hasil yang didapat dengan menuliskan kesimpulan. Namun pada saat dilakukan refleksi kembali dengan soal yang sama dan di lakukan wawancara, S2 mampu memahami masalah, menggunakan strategi dalam memberikan alasan berdasarkan fakta atau bukti yang relevan dari langkah penyelesaian, membuat kesimpulan dari alasan yang dikemukakan, dan menggunakan semua informasi sesuai dengan permasalahan dan membedakan beberapa hal dengan jelas yaitu melakukan pembuktian, serta menelitih kembali hasil pekerjaan secara menyeluruh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Dr. Ajeng Gelora Mastuti, M.Pd / Syafruddin Kaliky, M.Pd
Uncontrolled Keywords: berpikir kritis, siswa
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 16 Nov 2020 01:11
Last Modified: 16 Nov 2020 01:11
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/704

Actions (login required)

View Item View Item