Deskripsi Kemampuan Komunikasi Matematis Materi Segitiga dan Segi Empat pada Siswa Kelas VII MTs AI-Hilaal Laimu

Kumkelo, M. Iqbal (2019) Deskripsi Kemampuan Komunikasi Matematis Materi Segitiga dan Segi Empat pada Siswa Kelas VII MTs AI-Hilaal Laimu. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (10MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (20MB)

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis dapat diartikan sebagai kemampuan siswa dalam menyampaikan sesuatu yang diketahuinya melalui proses dialog atau saling hubungan yang terjadi di lingkungan kelas, dimana terjadi pengalihan pesan. Pesan yang dialihkan berisi tentang materi matematika yang dipelajari siswa. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa dalam menyelesaikan materi segitiga dan segi empat pada siswa kelas VII MTs Al-Hilaal Laimu. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif, yang bersifat penelitian deskriptif, yakni penelitian yang memusatkan pada masalah• masalah aktual yang ditemukan saat penelitian berlangsung. Pen litian ini dilaksanakan pada siswa kelas VII MTs Al-Hilaal Laimu. Selama kurang lebih dari tanggal 29 September s/d 06 Oktober 2017. Dari jumlah siswa 44 orang, diambil 1 orang siswa berdasarkan kesepakatan guru mata pelajaran (pruposive sampling) dengan tujuan guru mata pelajaran lebih melihat kecakapan, kemampuan siswa yang benar-benar mampu akan terjawab indikator yang akan di lihat. Kemudian diberikan soal tes dan diminta untuk menyelesaikan sehingga mampu memenuhi indikator yang digunakan dalam penelitian. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa siswa dalam menyelesaika masalah segitiga dan segi empat terlihat bahwa siswa mampu memenuhi indikator kemampuan komunikasi matematis yang digunakan dalam penelitian ini. Pada saat mengerjakan subjek siswa mampu mengerjakan dengan benar sampai selesai. Adapun indikator yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, indikator kemampuan komunikasi dalam menyelesaikan soal segitiga dan segi empat yang digunkan dalam penelitian ini yaitu kemampuan menge spresikan ide-ide matematika serta menggambarkannya secara visual, kemampuan menggunakan istilah, notasi-notasi matematika dalam menyajikan ide melalui tulisan, kemampuan memahami, menginterprestasikan dan mengevaluasi ide-ide matematika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Nurlaila Wattiheluw, M. Pd / Pembimbing II : Kasliyanto, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Matematis Segi Tiga dan Segi Empat
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 16 Nov 2020 02:01
Last Modified: 16 Nov 2020 02:01
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/705

Actions (login required)

View Item View Item