Representasi Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII SMP AI-Wathan Ambon dalam Menyelesaikan Masalah Kontekstual

Tawainella, Titi Rahayu (2019) Representasi Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII SMP AI-Wathan Ambon dalam Menyelesaikan Masalah Kontekstual. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (12MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (27MB)

Abstract

Kemampuan representasi matematis merupakan salah satu tujuan umum dalam pembelajaran matematika. Representasi sangat penting bagi siswa dan erat kaitannya dengan kemampuan komunikasi siswa dan pemecahan masalah. Untuk dapat mengkomunikasikan sesuatu, seseorang perlu representasi baik berupa gambar, grafik, diagram, maupun dalam bentuk representasi lainnya. National Council of Teacher of Mathematics (NCTM) mengemukakan bahwa representasi yang dimunculkan oleh siswa merupakan ungkapan-ungkapan, gagasan-gagasan, atau ide-ide matematika yang ditampilkan siswa dalam upaya untuk mencari solusi atas masalah yang sedang dihadapinya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana Representasi Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII SMP Al-Wathan Ambon dalam Menyelesaikan Masalah Kontekstual. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan adalah tes, wawancara, dan dokumentasi untuk menggali data. Tes dan wawancara dilakukan untuk mengetahui lebih dalam tentang representasi komunikasi matematis siswa dalam menyelesaikan masalah kontekstual. S bjek dalam penelitian ini adalah dua orang, diperoleh dari 20 orang siswa melalui tes penjaringan subjek dan tes representasi komunikasi matematis. Hasil analisis data menunjukkan bahwa representasi komunikasi matematis siswa muncul ketika disajikan masalah kontekstual yaitu representasi visual, representasi simbolik, dan representasi verbal. Representasi visual berupa gambar yaitu dengan mernbuat bangun ruang untuk mernbedakan dan menjeJaskan masalah kontekstual dan memfasilitasi penyelesaiannya; representasi simbolik berupa persamaan atau ekspresi matematika dimana siswa mampu membuat persamaan atau model matematika dari masalah yang diberikan; representasi verbal berupa kata-kata atau teks tertulis dimana siswa mampu menuliskan interprestasi dari suatu representasi secara tepat dan menuliskan langkah-Jangkah penyelesaian masalah matematika dengan kata-kata.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Dr. Abdillah, M. Pd / Pembimbing II : Fahruh Juhaevah, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Matematis Masalah Kontekstual
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 16 Nov 2020 04:36
Last Modified: 16 Nov 2020 04:36
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/709

Actions (login required)

View Item View Item