Peningkatan Hasil Belajar Siswa Materi Bangun Datar Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Siswa Kelas VII MTs Al-Ikhlas Kelapa Dua

Hayoto, Sitna Sindi (2019) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Materi Bangun Datar Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Siswa Kelas VII MTs Al-Ikhlas Kelapa Dua. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (12MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (31MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada materi bangun datar dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning siswa kelas VII MTs Al-Ikhlas Kelapa Dua. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Penelitian mi akan menggambarkan peningkatan hasil belajar siswa pada materi bangun datar dengan menggunakan model pembelajam problem based learning siswa kelas VII MTs Al-Ikhlas Kelapa Dua. Kesimpulan dari hasil penelitian ini bahwa pembelajaran dengan menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII. Peningkatan yang dimaksud dapat dilihat dari hasil tes awal, tes siklus I dan tes siklus II. Besarnya peningkatan hasil belajar siswa dimaksud adalah dari tes awal ke siklus I sebesar 60% dan dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 30%. Hasil belajar siswa dari tes awal dengan persentase klasikal sebesar O %, kemudian pada tes siklus I dengan persentase ketuntasan sebesar 60 %. Pada tes siklus II dengan persentase ketuntasan sebesar 90 % atau jika dilihat dari peningkatan nilai rata-rata kelas, tes awal nilai rata-rata sebesar 30,25 kemudian tes siklus I dengan nilai rata-rata sebesar 70,0005 dan siklus II dengan nilai rata-rata 83,888. Aktifitas siswa pada siklus I banyak terdapat kekurangan yaitu, Beberapa siswa cenderung pasif dalam kegiatan kelompok, Siswa belum berani untuk bertanya. Pada saat siswa memberikan pertanyaan, ada beberapa kelompok yang kelihatan bingung dalam menjawab pertanyaan dari kelompok lain. Aktifitas pada siklus II Siswa sudah bertanggung jawab dan aktif pada kelompoknya dan siswa sudah terlihat aktif dalam kelompoknya masing-masing, yakni mengerjakan tugas kelompok dengan baik, siswa sudah berani untuk bertanya dan sudah berani untuk menjawab pertanyaan dari kelompok lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Nur Apriani Nukuhaly, M. Pd / Pembimbing II : Nurlaila Sehuwaky, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Problem based learning Bangun Datar
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 17 Nov 2020 02:04
Last Modified: 17 Nov 2020 02:04
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/712

Actions (login required)

View Item View Item