Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Kontekstual Pada Materi Segitiga

Mau, Nur'ain (2019) Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Kontekstual Pada Materi Segitiga. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (10MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (28MB)

Abstract

Pemahaman konsep matematika adalah kemampuan bersikap, berpikir an bertindak yang ditujukan oleh siswa. Pemahaman konsep dalam pembelajaran matematika merupakan kompetensi yang ditunjukkan siswa dalam memahami konsep dan dalam melakukan prosedur (algoritma) secara luwes, akurat, efisien, dan tepat. Adapun yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Kontekstual Pada Materi Segitiga kelas IV 8 SD Muhamadiyah Ambon. Tipe Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, penelitian ini dilaksanakan di kelas IV8 SD Muhammadiyah Ambon selama kurang dari satu bulan yakni tanggal 25 April- 25 Mei 2018. Dari 14 siswa calon subjek kelas IV 8 terpilih dua orang siswa yang dijadikan sebagai subjek penelitian, kemudian diberikan soal tes essay dan diminta untuk menyelesaikan soal dan hasil tes tersebut diperiksa dan selanjutnya untuk dilakukan analisis dengan komponen pemahaman konsep. Pada saat menyelesaikan terdapat dua subjek yang menjawab benar yang memenuhi komponen penyelesaian pemahaman konsep. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa subjek NFB dalam menyelesaikan soal segitiga serta hasil wawancara sesuai dengan hasil yang hendak dicapai. NFB mampu menyelesaikan soal dengan dengan baik dan benar. Proses penyelesaian yang dilakukan memenuhi komponen penyelesaian pemahaman konsep. Dimana subjek NFB mampu untuk menerapkan rumus dalam perhitungan secara sederhana, dan mengerjakan perhitungan secara algoritmik, Sehingga dapat disimpulkan bahwa NFB tergolong pada siswa dengan pemahaman konsep fungsional. Sedangkan untuk subjek MA mampu menyelesaikan soal dengan baik. Dimana MA mampu untuk menerapkan rumus dalam perhitungan sederhana. Namun, dalam proses pengerjaan soal tersebut terjadi kesalahan ketika MA melakukan perhitungan secara algoritmik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa MA tergolong pada siswa dengan pemahaman konsep fungsional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Dr. Abdillah, M, Pd / Pembimbing II : Syafruddin Kaliky, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Segi Tiga
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 20 Nov 2020 06:52
Last Modified: 20 Nov 2020 06:52
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/741

Actions (login required)

View Item View Item