Pengaruh Metode Pembelajaran Collaborative Learning Melalui Kegiatan Lesson Study Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Aljabar Siswa Kelas VII MTs Terpadu AI-Anshor Ambon

Onso, Ratna (2019) Pengaruh Metode Pembelajaran Collaborative Learning Melalui Kegiatan Lesson Study Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Aljabar Siswa Kelas VII MTs Terpadu AI-Anshor Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (14MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (32MB)

Abstract

Collaborative learning adalah metode belajar yang menitibertakan pada kerjasama antar siswa yang didasarkan pada konsensus yang dibangun sendiri oleh anggota kelompok. Collaborative learning pada dasar merupakan pembelajaran yang berdasarkan pengalaman siswa sebelumnya (prior knowledge) dan dilakukan secara kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan besar pengaruh metode collaborative learning melalui kegiatan lesson study terhadap hasil belajar pada materi aljabar siswa kelas VII MTs terpadu Al-Anshor Ambon Tipe penelitian ini adalah tipe penelitian kuantitatif. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes, lembar observasi dan angket. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas Vll MTs Terpadu Al-Anshor Ambon tahun pelajaran 2018/2019 yang terdiri dari I kelas dengan jumlah 18 siswa. Sampel Penelitian ini adalah kelas Vll dengan jumlah 14 siswa. Berdasarkan uji hipotesis Metode pembelajaran collaborative learning melalui kegiatan lesson study berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi aljabar kelas VII MTs Terpadu AI-Anshor Ambon hal ini ditunjukan dengan hasil analisis uji hipotesis thitung > tiabel yaitu 2.588 > 2.200 yang artinya hipotesis H1 diterima. Besar pengaruh metode pembelajaran collaborative learning melalui kegiatan lesson study terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi aljabar kelas VII MTs Terpadu AI-Anshor Ambon adalah sebesar 35,8% sedangkan sisanya sebesar 64,2% di pengaruhi oleh variabel lain di luar model regresi ini. Dari data hasil observasi guru pada proses pembelajaran collaborative learning ditunjukan dengan nilai 86,8 dengan rata-rata = 1,73 yang dikategorikan sangat baik. Artinya guru melakukan metode pembelajaran collaborative learning sesuai dengan RPP. Dari data observasi siswa diperoleh 83,3 dengan rata-rata = 1,66 yang dikategorikan sangat baik, artinya siswa sangat aktif dalam pembelajaran. Hasil belajar siswa memiliki rata-rata = 66,21. Artinya baik sesudah dilakukan penerapan metode pembelajaran collaborative learning.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Dr. Ajeng Gelora Mastuti, M. Pd / Pembimbing II : Nani Sukartini Sangkala, M. Si
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran Collaborative Learning Lesson Study Aljabar
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 25 Nov 2020 01:54
Last Modified: 25 Nov 2020 01:54
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/760

Actions (login required)

View Item View Item