Analisis Berpikir Pseudo Salah Siswa Dalam Mengonstruksi Konsep Operasi Bilangan Pecahan Pada Siswa Kelas VII MTs Negeri Ambon

Maali, Muslimin (2019) Analisis Berpikir Pseudo Salah Siswa Dalam Mengonstruksi Konsep Operasi Bilangan Pecahan Pada Siswa Kelas VII MTs Negeri Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (13MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (31MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan berpikir pseudo salah siswa dalam mengonstruksi konsep operasi bilangan pecahan pada siswa kelas VII MTs Negeri Ambon, jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini berlangsung dari tanggal 25 Februari sampai dengan 25 Maret 2019 di kela VII MTs Negeri Ambon yang terdiri dari satu kelas dengan jumlah siswa sebanyak 37 orang. Selanjutnya dari 37 orang siswa, kemudian diberikan soal tes essay dan diminta diselesaikan, dan untuk mengetahui jawaban siswa yang menjawab salah. Selanjutnya jika siswa yang menjawab benar maka tidak digunakan sebagai subjek penelitian dan jika siswa yang menjawab salah maka diambil sebagai subjek penelitian dan dilakukan refleksi. Sehingga diperoleh 5 subjek yang dapat memperbaiki jawabannya menjadi jawaban yang benar dan dilakukan wawancara. Sehingga dapat memenuhi indikator berpikir pseudo-salah. Subjek yang mengalami berpikir pseudo salah diwakili oleh AR yang disebut subjek 1 (S 1 ), dan diwakili oleh MFY yang disebut subjek 2 (S2). Berdasarkan analisis penelitian dan pembahasan yang diperoleh dapat diambil kesimpulan bahwa berpikir pseudo salah siswa dalam mengonstruksi konsep operasi bilangan pecahan pada siswa kelas VII MTs Negeri Ambon, yaitu dalam mengonstruksi konsep operasi pengurangan dan penjumlahan, siswa dalam menyelesaikan masalah operasi bilangan pecahan, serta memenuhi indikator berpikir pseudo salah yaitu awalnya memberikan jawaban yang salah, namun setelah dimintah melakukan refleksi, dapat memperbaiki jawabannra menjadi jawaban yang benar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Dr. Patma Sopamena, M. Pd. I., M. Pd / Pembimbing II : Nani Sukartini Sangkala, M. Si
Uncontrolled Keywords: Berpikir Pseudo Dalam Mengonstruksi Konsep Operasi Bilangan Pecahan
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 07 Dec 2020 02:18
Last Modified: 07 Dec 2020 02:18
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/786

Actions (login required)

View Item View Item