Rahantan, Nurjana (2019) Analisis Kemampuan Penalaran Dalam Menyelesaikan Pertidaksamaan Kuadrat Siswa Kelas X MA Negeri Seram Barat Kecamatan Kairatu. Skripsi thesis, IAIN Ambon.
Text
BAB I, III, V.pdf Download (8MB) |
|
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Registered users only Download (20MB) |
Abstract
Kemampuan penalaran adalah suatu proses untuk mencapai tujuan dalam pemikiran dengan mengkombinasikan pengalaman untuk menyelesaikan sebuah masalah secara sistematis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran dalam menyelesaikan pertidaksamaan kuadrat siswa kelas X MA Negeri Seram Barat. Tipe penelitian yang digunakan adalah tipe penelitian deskriptif kualitatif. Adapun instrument yang digunakan adalah tes uraian dan wawancara subjek penelitian. Tes dan wawancara dilakukan untuk mengetahui lebih dalam tentang kemampuan penalaran siswa dalam menyelesaikan pertidaksamaan yang diberikan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan penalaran siswa kelas X Madrasah Aliyah Negeri Seram Barat dalam menyelesaikan pertidaksamaan kuadrat mempunyai kemampuan penalaran mendalam yang dilakukan terhadap seorang siswa. Hal ini diketahui dari hasil tes dan wawancara dimana semua indikator kemampuan penalaran dapat terpenuhi mulai dari kemampuan menyajikan pernyataan matematika secara lisan atau tertulis, kemampuan mengajukan dugaan, kemampuan melakukan manipulasi matematika, kemampuan menyusun bukti dan memberikan alasan terhadap suatu solusi serta kemampuan menarik kesimpulan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information/Pembimbing: | Pembimbing I : Dr. Patma Sopamena, M. Pd / Pembimbing II : Nur Apriani Nukuhaly, M. Pd |
Uncontrolled Keywords: | Pertidaksamaan Kuadrat |
Subjects: | Pendidikan Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Yunita Febriani |
Date Deposited: | 07 Dec 2020 04:44 |
Last Modified: | 07 Dec 2020 04:44 |
URI: | http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/787 |
Actions (login required)
View Item |