Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Aritmatika Sosial

Siompo, Noviana (2019) Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Aritmatika Sosial. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (14MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (43MB)

Abstract

Kemampuan berpikir kritis merupakan suatu proses kemampuan berpikir yang terarah dan jelas yang digunakan dalam kegiatan mental seperti, focus, Reason, inference, situation, clarity dan overview. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui analisis kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan masalah aritmatika sosial. Tipe penelitian yang digunakan adalah tipe penelitian deskriptif kualitatif. Teknik penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, wawancara, dan dokementasi untuk menggali data. Tes dan wawancara dilakukan untuk mengetahui lebih dalam kemampuan berpiki kritis siswa dalam menyelesaikan masalah aritmatika sosial yang diberikan. Dalam penelitian ini dilakukan tes dan wawancara pada siswa, dari hasil tersebut kemudian digunakan dua subjek yang memenuhi karakteristik kemampuan berpikir kritis pada materi aritmatika sosial. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan subjek memenuhi enam indikator kemampuan berpikir kritis yaitu, 1) memfokuskan pertanyaan, dapat mengidentifikasi masalah, dan memahami pertanyaan (Focus). 2) mendapatkan suatu alasan yang mendukung dan mampu mengenali situasi atau masalah (Reason). 3) dapat membuat kesimpulan dengan mempertimbangkan alasan yang dapat diterima (Inference). 4) dapat membuat kesimpulan dengan mempertimbangkan alasan-alasan yang dapat diterima, mampu mengenali masalah sehingga dapat menjawab sesuai konteks permasalahan, ditandai dengan danya kritik dalam bentuk klarifikasi terkait dengan redaksi soal (Situation). 5) kemampuan untuk memeriksa atau memastikan bahwa pemikiran yang disampaikan tidak membuat interpretasi ganda atau memuat kejelasan dalam istilah yang digunakan. (Clarity). 6) kemampuan memeriksa kebenaran suatu masalah, meninjau ulang apa yang telah dilakukan dan disimpulkan (Overview).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Dr. Abdillah, M. Pd. / Pembimbing II : Fahruh Juhaevah, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Aritmatika Sosial
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 08 Dec 2020 03:16
Last Modified: 08 Dec 2020 03:16
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/788

Actions (login required)

View Item View Item