Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Menyelesaikan Masalah Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Pada Siswa SMP Kelas VIII

Leka, Arpa (2020) Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Menyelesaikan Masalah Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Pada Siswa SMP Kelas VIII. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB 1,3,5.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa siswa masih kesulitan dalam menyelesaikan masalah sistem persamaan linear dua variabel dalam hal ini pada soal cerita. Kesulitan yang paling mendasar adalah siswa kurang bisa memahami maksud soal cerita yang diberikan dan kurang paham dengan apa yang sebenarnya ditanyakan dalam soal sehingga kurang mampu dalam menyampaikan ide matemtikanya secara tertulis dengan baik. Kemampuan komunikasi matematis siswa dalam menyelesaikan sistem persamaan linear dua variabel berbentuk cerita merupakan suatu masalah yang perlu dikaji melalui penelitian. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa yang berkemampuan tinggi, sedang, dan rendah dalam menyelesaikan masalah sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) dalam soal cerita. Adapun pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data yang dilakukan dengan metode observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Adapun yang menjadi subjek adalah 2 siswa yang berkemampuan tinggi, 2 siswa yang berkemampuan sedang dan 2 siswa yang berkemampuan rendah. Tahap selanjutnya yaitu analisis data yang dilakukan melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa yang berkemampuan tinggi dan sedang memenuhi semua indikator komunikasi matematis menurut NCTM yaitu: (1) mampu mengekspresikan ide-ide matematika melalui lisan, tulisan dan mendemonstrasikannya serta menggambarkan secara visual, (2) mampu memahami, menginterprestasi dan mengevaluasi ide-ide matematika baik secara lisan maupun dalam bentuk visual lainnya, (3) mampu menggunakan istilah-istilah, notasi-notasi matematika dan struktur-strukturnya untuk mneyajikan ide, menggambarkan hubungan-hubungan dan model-model situasi. Sedangkan kemampuan komunikasi mateatis yang berkemampuan rendah belum memenuhi semua indicator komunikasi matematis menurut NCTM yaitu: (1) kurang mampu mengekspresikan ide-ide matematika melalui lisan, tulisan dan mendemonstrasikannya serta menggambarkan secara visual, (2) belum mampu memahami, menginterprestasi dan mengevaluasi ide-ide matematika baik secara lisan maupun dalam bentuk visual lainnya, (3) mampu menggunakan istilah-istilah, notasi-notasi matematika dan struktur-strukturnya untuk mneyajikan ide, menggambarkan hubungan-hubungan dan model-model situasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Dr. Ajeng Gelora Mastuti, M.Pd / Nur Afriani Nukuhaly, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Komunikasi Matematis, Sistem Persamaan Linear Dua Variabel
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 18 Dec 2020 05:52
Last Modified: 18 Dec 2020 05:52
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/816

Actions (login required)

View Item View Item