Analisis Perbandingan Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Programme For International Student Assesment (Pisa) dan International Mathematical Olympiad (Imo)

Antika, Wa (2022) Analisis Perbandingan Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Programme For International Student Assesment (Pisa) dan International Mathematical Olympiad (Imo). Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAGIAN PERTAMA.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (331kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (389kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (9kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (418kB)

Abstract

Berpikir kritis merupakan suatu kemampuan yang dimiliki individu dalam melakukan kegiatan evaluasi yang sistematis untuk membuat keputusan-keputusan tentang suatu masalah. tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis perbandingan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal PISA dan IMO. Penelitian ini menggunkan mixed method dengan model sequential explanatory. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa olimpiade MAN Ambon yang berjumlah 2 orang yang memiliki kemampuan berpikir kritis. Kemampuan berpikir kritis siswa olimpiade MAN Ambon dalam menyelesaikan soal PISA dan IMO yaitu dalam menyelesaikan soal PISA siswa dapat menyelesaikannya dengan benar dan memenuhi semua indikator berpikir kritis sedangkan dalam menyelesaikan soal IMO siswa tidak dapat menyelesaikannya dan dan hanya beberapa indikator berpikir kritis yang dipenuhi oleh siswa. Perbedaan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal PISA dan soal IMO: focus yaitu pada soal PISA dan IMO siswa dapat mengidentifikasi masalah; reason yaitu, pada soal PISA dan IMO siswa dapat menuliskan jawaban dengan memberikan alasan yang tepat, inference yaitu pada soal PISA dan IMO siswa dapat menyimpulkan permasalahan dengan tepat, situation yaitu pada soal PISA siswa dapat memperoleh informasi yang terkait serta mengetahui model yang akan digunakan sedangkan pada soal IMO siswa tidak dapat memperoleh informasi yang terkait serta mengetahui model yang akan digunakan, clarity yaitu pada soal PISA siswa dapat memberikan kejelasan lebih lanjut sedangkan pada soal IMO siswa tidak memberikan kejelasan lebih lanjut, dan overview yaitu pada soal PISA dan IMO siswa dapat memeriksa kembali hasil pekerjaannya serta menuliskan pernyataan yang benar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Dr. Abdillah, M.Pd, / Fahruh Juhaevah M.Pd
Uncontrolled Keywords: Berpikir Kritis, Soal PISA, Soal IMO
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 31 Oct 2022 01:27
Last Modified: 31 Oct 2022 01:27
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2541

Actions (login required)

View Item View Item