Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together Terhadap Hasil Belajar Aljabar Siswa MTs Negeri Ambon

Tuharea, Asrul (2022) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together Terhadap Hasil Belajar Aljabar Siswa MTs Negeri Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAGIAN DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (535kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (358kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (609kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (447kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (400kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (184kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Model pembelajaran Number Head Together (NHT) merupakan salah satu model pembelajaran kooperatif. Landasan filosofis pembelajaran kooperatif adalah pandangan behavioristik, siswa memperoleh pengetahuan sebagai akibat dari proses konstruksi yang terus menerus diterima. Pengalaman-pengalaman diatur, disusun, dan ditata kembali dengan mengaitkan struktur kognitif yang dimiliki siswa, sedikit demi sedikit dimodifikasi dan dikembangkan.Karakteristik pembelajaran kooperatif, yaitu (1) kelas dibagi atas kelompok-kelompok kecil, (2) siswa belajar dalam kelompoknya secara kooperatif, dan (3) sistem penghargaan lebih berorientasi kepada kelompok daripada individu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together terhadap hasil belajar aljabar siswa MTs Negeri Ambon. Variabel dalam penelitian ini adalah penilaian model pembelajaran Number Head Together (X) sebagai variabel bebas dan Hasil belajar Aljabar sebagai variabel terikat (Y). Sampel penelitian ini adalah kelas VII^h dengan jumlah 20 orang siswa dengan metode penelitian yaitu metode eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) berpengaruh terhadap hasil belajar aljabar siswa MTs Negeri Ambon. Dengan presentase nilai rata-rata 79,9 ≥ 65. Hasil penelitian juga memperlihatkan semua aspek yang terdapat dalam angket respon siswa menunjukan 86% dikategorikan sangat baik. Hal ini menunjukan bahwasannya pembelajaran menggunakan model pembelajaran NHT menerima respon positif dari siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Sarfa Wassahua, M.Pd / Yuli Hastuti, M.Si
Uncontrolled Keywords: Model Number Head Together, Hasil Belajar Aljabar
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 02 Nov 2022 01:54
Last Modified: 02 Nov 2022 01:54
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2553

Actions (login required)

View Item View Item