Penerapan Nilai-Nilai Pendidikan Islam Melalui Pendidikan Kepramukaan Terhadap Peserta Didik Kelas XI Di Gugus Depan Siti Halimah Pangkalan Madrasah Aliyah Ar-Rahman Limboro

La Neka, Abdul Gafur (2022) Penerapan Nilai-Nilai Pendidikan Islam Melalui Pendidikan Kepramukaan Terhadap Peserta Didik Kelas XI Di Gugus Depan Siti Halimah Pangkalan Madrasah Aliyah Ar-Rahman Limboro. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAGIAN PERTAMA.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (441kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (560kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (340kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (160kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (214kB)

Abstract

Melihat kondisi saat ini banyak peserta didik yang mengadopsi pergaulan bebas yang mengakibatkan timbulnya akhlak yang tidak baik atau akhlak tercela, pelaku kenakalan tersebut banyak ditemukan dari dikalangan peserta didik di tingkat SMA/MA sederajat, fenomena demikianlah yang menimbulkan banyak problematika di masyarakat, yang menimbulkan rasa resah dari masyarakat dengan sikap peserta didik yang demikian. tingkah laku peserta didik yang seperti ini terjadi karena hilangnya dari dalam diri peserta didik tentang nilai-nilai dalam pendidikan Islam. kondisi seperti inilah yang menjadi perhatian besar bagi para pendidik. Olehnya itu, dalam rangka membangun dan menumbuh kembangkan akhlak dan budi pekerti peserta didik, Gerakan Pramuka ikut andil dan berperan penting sebagai pemberi wadah kepada kaum muda untuk mengisi hati, jiwa dan pengetahuan mereka dengan hal-hal yang positif sebagaimana yang terkandung dalam nilai-nilai pendidikan islam. Sejalan dengan realita yang ditemukan dilapangan pada saat ini, maka pokok permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah Penerapan Nilai-Nilai Pendidikan Islam Melalui Pendidikan Kepramukaan Terhadap Peserta Didik Kelas XI Di Gugus Depan Siti Halimah Pangkalan Madrasah Aliyah Ar-Rahman Limboro. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Deskriptif kualitatif, yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif yang menghasilkan kata-kata tertulis atau lisan dari para informan atau pelaku yang diamati sebagai subjek. lokasi penelitian ini dilakukan di Madrasah Aliyah Ar-Rahman Limboro, Prosedur pengumpulan data meliputi: Metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pendidikan kepramukaan memiliki peran yang sangat penting dalam menerapkan nilai-nilai pendidikan akhlak terhadap peserta didik di MA Ar-Rahman Limboro melalui berbagai kegiatan yang dirancang dan diterapkan oleh Pembina kepada peserta didik seperti, kegiatan Baris Berbaris, kegiatan Berkemah, kegiatan Upacara, kegiatan Latihan, Penyelesaian SKU dan pencapaian TKU. dengan kegiatan demikian dinilai mampu menerapkan nilai-nilai pendidikan akhlak kepada diri peserta didik yang terlibat dalam pendidikan kepramukaan, hal ini dapat dilihat dari sifat peserta didik yang banyak mengalami perubahan dan terdapat perbedaan kepribadian dan perilaku dengan peserta didik yang tidak terlibat dalam pendidikan kepramukaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Dr. Abidin Wakano M.Ag, Pembimbing II / Mokhsin Kaliky M.Pd
Uncontrolled Keywords: Nilai Pendidikan Akhlak, Pendidikan Kepramukaan
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 07 Nov 2022 06:46
Last Modified: 07 Nov 2022 06:46
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2565

Actions (login required)

View Item View Item