Peningkatan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Pembelajaran Matematika pada Materi Himpunan Melalui Strategi Pembelajaran Peer Lesson Kelas VII di Pondok Pesantren Salafiyah Ishaka Ambon

Bona, Wa (2022) Peningkatan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Pembelajaran Matematika pada Materi Himpunan Melalui Strategi Pembelajaran Peer Lesson Kelas VII di Pondok Pesantren Salafiyah Ishaka Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (740kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (998kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (509kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (824kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (227kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (394kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas. Dengan tujuan untuk mengetahui Peningkatan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran matematika melalui strategi pembelajaran peer lesson pada siswa kelas VII PPS Ishaka Ambon. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII PPS Ishaka Ambon yang berjumlah 21 orang siswa. Terdiri dari 11 laki-laki dan 10 perempuan. Instrumen pada penelitian ini adalah lembar observasi, soal tes dan dokumentasi.Hasil penelitian merupakan pembelajaran yang dilaksanakan dengan menggunakan strategi pembelajaran peer lesson. Besarnya peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa di mulai dari tahap prasiklus nilai siswa yang sudah kreatif ada 7 orang dengan persentase 38,39% atau nilai rata-rata 62,05 sedangkan peningkatan pada siklus I siswa yang sudah memenuhi indikator berpikir kreatif sebanyak 13 orang dengan presentase 61,90% dengan rata-rata yang diperoleh sebesar 76,33 dan peningkatan siklus II yang sudah kreatif sebanyak 21 orang dengan presentase sebesar 100% dengan rata-rata nilai yang diperoleh 87. Hasil observasi pada siklus I terdapat beberapa kekurangan yaitu, siswa , malu untuk bertanya, kurangnya pengontrolan di dalam kelas, dan terdapat dua indikator berpikir kreatif yang terpenuhi yakni kelancaran dan keaslian. Sedangkan pada siklus II siswa sudah tidak merasa malu lagi dalam mengungkapkan gagasanya atau pendapatnya, siswa sudah mulai aktif dalam pembelajaran berlangsung dan ke-4 indikator yaitu kelancaran, fleksibilitas, keaslian dan elaborasi berpikir kreatif sudah terpenuhi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Dr. Muhammad Rijal, M.Pd / Nani Sukartini Sangkala, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Berpikir Kreatif, Himpunan, Strategi , Pembelajaran Peer Lesson
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 21 Nov 2022 23:55
Last Modified: 21 Nov 2022 23:55
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2662

Actions (login required)

View Item View Item