Manajemen Sarana dan Prasarana Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik MTs Negeri Ambon

Amanah, Man (2022) Manajemen Sarana dan Prasarana Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik MTs Negeri Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
HALAPAN DEPAN.pdf

Download (905kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (511kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (444kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (250kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (626kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (52kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalasis: (1) Manajemen sarana dan prasarana dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik di MTs Negeri Ambon. (2) Faktor pendukung dan penghambat manajemen sarana dan prasarana dalam memotivasi belajar peserta didik di MTs Negeri Ambon. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Waktu penelitian ini dilaksanakan mulai dari tanggal 25 Maret 2022 sampai dengan 25 April 2022. Informan pada penelitian ini berjumlah 28 orang terdiri dari Kepala Madrasah, Kepala Tatausaha, Wakil Kepala Madrasah Sarana Prasarana, Pengelola Barang Milik Negara (BMN), 6 orang guru (Guru-guru kali kelas) serta 18 orang peserta didik terdiri dari 9 orang kelas VII dan 9 orang kelas VIII. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi serta menggunakan analasis reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Manajemen sarana dan prasarana memanglah harus dilakukan dan dioptimalkan dengan baik diantaranya a) Merencanakan kebutuhan sarana dan prasarana. b) Melakukan pengadaan kebutuhan sarana dan prasarananya. c) Melakukan penyaluran kepada pengelola sarana dan prasarana. d) Melakukan inventaris atau pencatatan kepada sarana dan prasarana. e) Melakukan penyimpanan atas sarana dan prasarana. f) Melakukan pemeliharaan dengan baik atas sarana dan prasarana. g) Melakukan penghapusan terhadap sarana dan prasarana. h) Melakukan pengawasan terhadap sarana dan prasarana. Sehingga beberapa hal berikut bisa tercapai dan motivasi belajar dengan sendirinya akan timbul pada peserta didik. Yaitu antara lain terciptanya kondisi belajar yang kondusif, terciptanya suasana belajar yang nyaman, terciptanya kemudahan dalam belajar serta terciptanya motivasi atau keinginan belajar. 2) Faktor Pendukung diantaranya a) Memadainya sarana dan prasarana. b) Pengelolaan sarana dan prasarana. Faktor Penghambat diantaranya a) Sarana dan Prasana. b) Pengoptimalan tata kelola sarana dan prasarana. c) Kesadaran dalam menjaga sarana dan prasarana. d) Biaya (dana untuk sarana dan prasarana)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Elfridawati Mai Duhani, M.Pd. / Habiba Waliulu, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Manajemen Sarana dan Prasarana, Motivasi belajar
Subjects: IAIN Ambon > Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Berdasarkan Subyek > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 22 Nov 2022 03:56
Last Modified: 22 Nov 2022 03:56
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2669

Actions (login required)

View Item View Item