Metode Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Ar-Rahman Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca al-Qur’an di Negeri Buano Utara Kecamatan Huamual Belakang Kabupaten Seram Bagian Barat

Hitimala, Sunarco (2022) Metode Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Ar-Rahman Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca al-Qur’an di Negeri Buano Utara Kecamatan Huamual Belakang Kabupaten Seram Bagian Barat. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (608kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (225kB)
[img] Text
BAB II LANDASAN TEORI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB)
[img] Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf

Download (186kB)
[img] Text
BAB IV HASIL PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB)
[img] Text
BAB V KESIMPULAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (268kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (766kB)

Abstract

Tipe penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan dari tanggal 28 Maret sampai dengan 28 April 2022 dengan lokasi yang diambil dalam penelitian ini adalah di Taman Pendidikan al-Qur’an (TPQ) Ar-Rahman. Adapun yang menjadi informan dalam penelitan ini terdiri dari ustadz dan ustadzah yakni 2 orang tenaga pengajar. Untuk menganalisis data yang diperoleh melalui observasi dan wawancara, serta dokumentasi, kemudian data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan tahap reduksi data, pengkajian data dan kesimpulan data. Hasil penelitian terkati dengan metode taman pendidikan al-Qur’an (TPQ) Ar-Rahman dalam mengatasi kesulitan membaca al-Qur’an menunjukkan bahwa; 1. Dalam pelaksananaan pembelajaran al-Qur’an di TPQ Ar-Rahman Buano Utara menerapkan metode dalam pembelajarannya agar dapat meningkatkan kemampuan baca al-Qur’an santri. Metode penyampaian dalam pembelajaran di kelas menggunakan metode Iqro dan Qiroaty, pengelompokan belajar disesuaikan dengan kemampuan santri, alokasi waktu pembelajaran al-Qur’an di TPQ dan di rumah guru, media pembelajaran yang efektif dan evaluasi pembelajaran yang terstruktur, pemilihan isi materi di sesuaikan dengan materi yang ada pada setiap jilid dalam iqro. 2. Faktor pendukung pembelajaran al-Qur’an di TPQ Ar-Rahman Buano Utara diantaranya; kualitas dewan guru yang baik dan semangat guru untuk mengajarkan al-Qur’an, keaktifan santri mengaji di TPQ dan di rumah guru, metode pembelajaran al-Qur’an yang diterapkan, alokasi waktu yang digunakan dalam pembelajaran al-Qur’an, serta lingkungan yang kondusif berupa dukungan dari masyarakat dan wali santri. Sedangkan faktor penghambatnya adalah; menurunnya semangat dewan guru dalam memberikan pembelajaran yang inovatif, keaktifan guru dan santri dalam pembelajaran al-Qur’an, kurangnya fasilitas sarana dan prasarana, guru yang masi kurang bila di bandingkan dengan jumlah santri yang ada di TPQ Ar-Rahman, kurangnya dorongan dari orang tua untuk memperhatikan santri waktu jam mengaji.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: La Rajab, MA / Mokhsin Kaliky, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Metode Membaca Al-Qur'an
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 25 Nov 2022 01:18
Last Modified: 25 Nov 2022 01:18
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2716

Actions (login required)

View Item View Item