Analisis Penggunaan Gadget ( Smartphone) Dalam Pembentukan Akhlak Peserta Didik Kelas VI di SD Negeri 88 Ambon

Latarissa, Hariyati (2022) Analisis Penggunaan Gadget ( Smartphone) Dalam Pembentukan Akhlak Peserta Didik Kelas VI di SD Negeri 88 Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (393kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (484kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (352kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (491kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (237kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (391kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan di Indonesia sekarang ini dihadapkan kepada situasi yang kurang menguntungkan. Kondisi ini terjadi sejalan dengan semakin banyaknya kenyataan lemahnya akhlak bangsa Indonesia terutama kepada peserta didik yang selama ini diyakini sangat kuat dan teguh memegang sendi-sendi kehidupan yang arif dan bijaksana. Rumusan masalah yang diangkat adalah bagaimana mendeskripsikan penggunaan Gadget (smarphone) dalam pembentukan akhlak peserta didik di SD 88 Ambon, Apa dampak dari penggunaan Gadget (smarphone) dalam pembentukan akhlak peserta didik di SD Negeri 88 Ambon? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami dari dampak penggunaan gadget dalam pembentukan akhlak peserta didik SD Negeri Ambon. Jenis Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi, Sedangkan teknik analisis data berupa reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Subyek dalam penelitian ini sebanyak 6 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa analisis penggunaan gadget dalam pembentukan akhlak peserta didik kelas VI di SD Negeri 88 ambon antara lain: 1) Adanya mendengarkan arahan pendidik sebelum proses pembelajaran dimulai hal ini dilakukan oleh pendidik dengan cara menanamkan akhlak yang baik,serta memberikan arahan untuk mengerjakan tugas dan selalu bersikap sopan pada saat proses pembelajaran berlangsung. 2) Gadget (Smartphone) memiliki dampak positif yaitu: untuk membantu mengerjakan tugas, sebagai alat komunikasi,memperluas jaringan persahabatan pada masa pandemi covid-19, sebagai media hiburan bagi peserta didik, meningkatkan pengetahuan. Adapun dampak negatif yaitu: ketergantungan pada alat smartphone, sulit berkosentrasi, mengganggu proses pembelajaran, resiko penyalagunaan smartphone, kurang empati dengan lingkungan sekitar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Djamila Lasaiba M.A / Eko Wahyunanto Prihono, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Peserta didik, Akhlak
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 22 Dec 2022 23:49
Last Modified: 22 Dec 2022 23:49
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2841

Actions (login required)

View Item View Item