Husemahu, Diansya (2021) Pengaruh Metode Outdor Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Materi Himpunan Siswa Kelas VII MTs Al-Hilaal Morella. Skripsi thesis, IAIN Ambon.
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (812kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (276kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (196kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (270kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (387kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (43kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (9kB) |
Abstract
Metode Pembelajaran Outdor Learning adalah meodel pembelajaran yang mengajak para peserta didik untuk melakukan aktivitas belajar mengajar di luar kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Outdor Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Materi Himpunan Siswa Kelas VII. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan tipe penelitian menggunakan eksperimen semu. Populasi dalam peenelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII yang berjumlah 21 siswa dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII. Instrument penelitian yang digunakan adalah tes akhir berupa soal cerita untuk melihat Kemampuan berpikir kritis siswa dan lembar observasi yang digunakan untuk mengetahui aktivitas proses belajar mengajar berlangsung. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan, menunjukan bahwa hasil pengisian angket untuk mengetahui variabel metode owdor learning distribusi skor rentang (Range) data adalah 59,52-98,57 sedangkan pada hasil uji kemampuan berpikir kritis siswa distribusi skor rentang (Range) data adalah 56,66-100,00. Sedangkan berdasarkan hasil pengujian koefisien regresi linear Sederhana antara variabel metode outdor learning (x) terhadap kemampuan berpikir kritis (y). Nilai signifikannya sebesar 0,000 « 0,05. Maka Ho ditolak Hj diterima. Dengan demikian bahwa rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa yang belajar menggunakan metode pembelajaran Outdor Learning menunjukan bahwa ada pengaruh variabel x atau metode pembelajaran outdor learning terhadap kemampuan berpikir kritis atau variabel y.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information/Pembimbing: | Nur Apriani Nukuhaly, M.Pd / Syafruddin Kaliky, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Metode Outdoor Learning, Kemampuan berpikir kritis siswa |
Subjects: | Pendidikan Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | La Iba |
Date Deposited: | 27 Dec 2022 03:47 |
Last Modified: | 27 Dec 2022 03:47 |
URI: | http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2850 |
Actions (login required)
View Item |