Pengaruh Outdoor Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa

Silawane, Burhanudin (2022) Pengaruh Outdoor Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (474kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (487kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (496kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (560kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (333kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (301kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Outdoor Learning adalah kegiatan belajar mengajar antara guru dan murid yang dilakukan diluar kelas atau alam terbuka sebagai kegiatan pembelajaran siswa untuk membuat siswa menemukan inspirasi dan pemahaman dalam pembelajaran serta berpikir. Kemampuan berpikir kritis merupakan proses dengan tujuan agar setiap individu dapat membuat pertimbangan yang cermat dalam mengambil keputusan dan mengatasi masalah dalam kehidupan sehari-hari. Dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran, siswa kurang didorong untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan rendahnya hasil belajar siswa dibawah kriteria ketuntasan minimal. Hal ini yang melatarbelakangi penulis untuk menggunakan pembelajaran Outdoor Learning. Penelitian ini difokuskan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Outdoor Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMP dan besaran pengaruh Outdoor Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMP. Tipe penelitian yang digunakan adalah penelitian Eksperimen Semu dengan jumlah sampel 18 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes, angket dan lembar observasi. Analisis data menggunakan uji f dan uji t. Hasil koefisien determinasi dapat diketahui bahwa nilai R adalah 0,805, sedangkan nilai R^2 sebesar 0,648. Sehingga uji koefisien determinasi ini diperoleh sebesar 64,8%. Hasil rekomendasi menjelaskan bahwa variabel pembelajaran Outdoor Learning dapat menjelaskan kemampuan berpikir kritis siswa SMP sebesar 64,8% sedangkan 35,2% informasi lain dijelaskan oleh variabel-variabel lain diluar model pembelajaran dalam penelitian ini. Dengan demikian, penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran Outdoor Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMP.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Dr. Ajeng Gelora Mastuti, M.Pd / Yuli Hastuti, M.Si
Uncontrolled Keywords: Outdoor Learning, Kemampuan Berpikir Kritis Siswa
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 28 Dec 2022 01:36
Last Modified: 28 Dec 2022 01:36
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2856

Actions (login required)

View Item View Item