Strategi Pengelolaan Lembaga Pendidikan Non Formal dalam Meningkatkan Mutu Membaca al-Qur’an di Taman Pebdidikan al-Qur’an (TPQ) Al-Ikhlas Lorong Aspun Kota Ambon

Ahuang, Nena Wahyuni Rahman (2022) Strategi Pengelolaan Lembaga Pendidikan Non Formal dalam Meningkatkan Mutu Membaca al-Qur’an di Taman Pebdidikan al-Qur’an (TPQ) Al-Ikhlas Lorong Aspun Kota Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (630kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (535kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (420kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (760kB)
[img] Text
Bab V.pdf

Download (295kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (235kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan al-Qur’an diajarkan secara khusus pada salah satu lembaga pendidikan non formal yakni Taman Pendidikan al-Qur’an (TPQ). TPQ bukan hanya mengajarkan tentang bagaimana membaca al-Qur’an dengan baik saja, namun juga harus memiliki keunikan dan strategi tertentu dalam meningkatkan mutu pendidikannya khususnya mutu membaca al-Qur’an. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah : 1). Bagaimana strategi pengelolaan lembaga pendidikan non formal dalam meningkatkan mutu membaca al-Qur’an di TPQ Al-Ikhlas, Lorong Aspun Kota Ambon? 2). Apa saja faktor pendukung dan penghambat yang mempengaruhi strategi pengelolaan lembaga pendidikan non formal dalam meningkatkan mutu membaca al-Qur’an di TPQ Al-Ikhlas Lorong Aspun Kota Ambon? Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Waktu penelitian berlangsung dari tanggal 12 april hingga 12 mei 2022, informan dalam penelitian adalah pimpinan TPQ, 8 orang tenaga pengajar, dan 3 santri TPQ Al-Ikhlas. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan cara deskriptif dan snowball sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Dalam meningkatkan mutu membaca al-Qur’an TPQ Al-Ikhlas memiliki strategi pengelolaan tertentu diantaranya, Standar pengelolaan meliputi : jadwal pembelajaran, jadwal piket tenaga pengajar, serta penempatan kelas dan tempat belajar-mengajar untuk santri dan tenaga pengajar. Standar proses meliputi : pengawasan proses pembelajaran dan evaluasi kinerja tenaga pengajar, melaksanakan kegiatan rutin TPQ. Standar tenaga tenaga pendidik meliputi : calon tenaga pengajar diuji terlebih dahulu sebelum mengajar, proses pembelajarannya menggunakan metode pembelajaran al-Qur’an yaitu metode Iqra’ dan metode Talaqqi, dimana tiap tenaga pengajar memiliki cara penerapan yang berbeda, membangun komunikasi yang baik. Standar kompetensi lulusan meliputi : penetapan syarat untuk khatam al-Qur’an, tetap mengawasi kualitas membaca alumni. (2) Faktor pendukung peningkatkan mutu membaca al-Qur’an di TPQ Al-Ikhlas diantaranya, sarpras yang memadai, banyak tenaga pendidik-nya, terjalinnya kerja sama yang baik, kemauan dari diri santri itu sendiri. Faktor penghambat peningkatkan mutu membaca al-Qur’an di TPQ Al-Ikhlas diantaranya, karakter santri yang memiliki latar belakang yang berbeda, dan status tenaga pengajar yang merupakan mahasiswa aktif yang juga disibukan dengan aktifitas serta tugas perkuliahan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: La Rajab, S.Ag, M.A / Dinar Riaddin, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Strategi Pengelolaan Lembaga Pendidikan Non Formal, Mutu Membaca al-Qur’an
Subjects: IAIN Ambon > Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Berdasarkan Subyek > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 28 Dec 2022 05:44
Last Modified: 28 Dec 2022 05:44
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2866

Actions (login required)

View Item View Item