Ahuang, Nena Wahyuni Rahman (2022) Strategi Pengelolaan Lembaga Pendidikan Non Formal dalam Meningkatkan Mutu Membaca al-Qur’an di Taman Pebdidikan al-Qur’an (TPQ) Al-Ikhlas Lorong Aspun Kota Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (630kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (535kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (420kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (760kB) |
|
Text
Bab V.pdf Download (295kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (235kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Pendidikan al-Qur’an diajarkan secara khusus pada salah satu lembaga pendidikan non formal yakni Taman Pendidikan al-Qur’an (TPQ). TPQ bukan hanya mengajarkan tentang bagaimana membaca al-Qur’an dengan baik saja, namun juga harus memiliki keunikan dan strategi tertentu dalam meningkatkan mutu pendidikannya khususnya mutu membaca al-Qur’an. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah : 1). Bagaimana strategi pengelolaan lembaga pendidikan non formal dalam meningkatkan mutu membaca al-Qur’an di TPQ Al-Ikhlas, Lorong Aspun Kota Ambon? 2). Apa saja faktor pendukung dan penghambat yang mempengaruhi strategi pengelolaan lembaga pendidikan non formal dalam meningkatkan mutu membaca al-Qur’an di TPQ Al-Ikhlas Lorong Aspun Kota Ambon? Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Waktu penelitian berlangsung dari tanggal 12 april hingga 12 mei 2022, informan dalam penelitian adalah pimpinan TPQ, 8 orang tenaga pengajar, dan 3 santri TPQ Al-Ikhlas. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan cara deskriptif dan snowball sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Dalam meningkatkan mutu membaca al-Qur’an TPQ Al-Ikhlas memiliki strategi pengelolaan tertentu diantaranya, Standar pengelolaan meliputi : jadwal pembelajaran, jadwal piket tenaga pengajar, serta penempatan kelas dan tempat belajar-mengajar untuk santri dan tenaga pengajar. Standar proses meliputi : pengawasan proses pembelajaran dan evaluasi kinerja tenaga pengajar, melaksanakan kegiatan rutin TPQ. Standar tenaga tenaga pendidik meliputi : calon tenaga pengajar diuji terlebih dahulu sebelum mengajar, proses pembelajarannya menggunakan metode pembelajaran al-Qur’an yaitu metode Iqra’ dan metode Talaqqi, dimana tiap tenaga pengajar memiliki cara penerapan yang berbeda, membangun komunikasi yang baik. Standar kompetensi lulusan meliputi : penetapan syarat untuk khatam al-Qur’an, tetap mengawasi kualitas membaca alumni. (2) Faktor pendukung peningkatkan mutu membaca al-Qur’an di TPQ Al-Ikhlas diantaranya, sarpras yang memadai, banyak tenaga pendidik-nya, terjalinnya kerja sama yang baik, kemauan dari diri santri itu sendiri. Faktor penghambat peningkatkan mutu membaca al-Qur’an di TPQ Al-Ikhlas diantaranya, karakter santri yang memiliki latar belakang yang berbeda, dan status tenaga pengajar yang merupakan mahasiswa aktif yang juga disibukan dengan aktifitas serta tugas perkuliahan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information/Pembimbing: | La Rajab, S.Ag, M.A / Dinar Riaddin, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pengelolaan Lembaga Pendidikan Non Formal, Mutu Membaca al-Qur’an |
Subjects: | IAIN Ambon > Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam Manajemen Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam Berdasarkan Subyek > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | La Iba |
Date Deposited: | 28 Dec 2022 05:44 |
Last Modified: | 28 Dec 2022 05:44 |
URI: | http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2866 |
Actions (login required)
View Item |