Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Masalah Bilangan Bulat Siswa Kelas VII di SMP Muhammadiyah Melati

-, Marwia (2022) Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Masalah Bilangan Bulat Siswa Kelas VII di SMP Muhammadiyah Melati. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (562kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (437kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (156kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (692kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (67kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (145kB)
[img] Text
LAMPIRAN LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kesalahan adalah suatu gejala yang nampak pada siswa yang ditandai adanya hasil belajar rendah dibanding dengan hasil belajar yang dicapai sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana karakteristik kesalahan siswa dalam menyelesaikan masalah bilangan bulat pada siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Melati. Instrumen yang digunakan adalah soal tes dan pedoman wawancara. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang diperoleh dapat diambil kesimpulan bahwa siswa yang melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal pada materi bilangan bulat kelas VII SMP Muammadiyah Melati mengalami kesalahan pada saat menyelesaikan masalah bilangan bulat sesuai indikator kesalahan, yaitu: 1) kesalahan membaca (Reading Error. 2) kesalahan memahami (Comprehension Error). 3) kesalahan transformasi (Transformation Error). Kesalahan keterampilan proses (Process Skill). 5). Dan kesalahan menuliskan jawaban (Encoding Error). Karakteristik dari masing-masing indikator tersebut antara lain: a) kesalahan membaca soal karena siswa salah dalam membaca simbol-simbol matematika yang terkandung dalam soal. b) kesalahan memahami soal karena tidak mengetahui apa yang sebenarnya ditanyakan dalam soal. c) kesalahan transformasi karena siswa belum dapat mengubah soal kedalam bentuk matematika. d) kesalahan keterampilan proses siswa tidak mengetahui prosedur atau langkah-langkah yang akan digunakan untuk menyelesaikan soal dengan tepat. e) kesalahan menuliskan jawaban karena siswa melakukan kesalahan dalam proses penyelesaian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Nur Apriani Nukuhaly, M.Pd / Syafruddin Kaliky, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Bilangan bulat
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 13 Jan 2023 00:27
Last Modified: 13 Jan 2023 00:27
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2901

Actions (login required)

View Item View Item