Kemampuan Berpikir Logis Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Masalah Bangun Datar

Latuwael, Iinsaina (2022) Kemampuan Berpikir Logis Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Masalah Bangun Datar. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (902kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (598kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (901kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (218kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (185kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (395kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kemampuan berpikir logis sangatlah penting bagi siswa untuk menyelesaikan suatu masalah dalam pembelajaran matematika maupun dalam kehidupan sehari-hari, sehingga perlu untuk dikemembangkan kemampuan berpikir logis di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk melihat kemampuan berpikir logis pada siswa kelas VII2 SMP Negeri 13 Maluku Tengah ketika menyelesaikan masalah bangun datar trapesium. Bentuk penelitian ini adalah penelitian deskriptif Kualitatif. Penelitian ini berlangsung pada tanggal 28 Februari sampai dengan 28 Maret 2022. Subjek dalam penelitian ini berjumlah dua orang siswa, keduanya mempunyi perbedaan dalam menyelesaikan masalah. Subjek pertama (RO) mewakili siswa yang menjawab dengan baik dan memenuhi indikator berpikir logis. Sedangkan sabjek kedua (PD) mewakili siswa yang keliru dalam pengoperasian perhitungan sehingga hasil yang diperoleh menjadi salah, namun setelah diintervensi siswa mampu untuk menyadari dan memperbaikinya sehingga mampu memenuhi indikator berpikir logis. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri, soal tes dan wawancara. Teknik pengumpulan data diambil dari pelaksanaan tes dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa kemampuan berpikir logis siswa dalam menyelesaikan masalah pada materi trapesium memenuhi indikator berpikir logis pada kedua siswa. Yaitu: keruntutan berpikir: Siswa dapat menyebutkan seluruh informasi apa yang diketahui dan apa yang ditanyakan pada soal dengan tepat dan benar, kemampuan berargumen: Siswa dapat mengungkapkan alasa mengenai seluruh langkah-langkah penyelesaian yang akan digunakan dari awal hingga mendapat kesimpulan dengan benar, dan penarikan kesimpulan: Siswa dapat memberikan kesimpulan dengan tepat pada tiap langkah penyelesaian untuk Mendapat suatu kesimpulan dengan tepat pada akhir jawaban.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Dr. Ajeng Gelora Mastuti, M.Pd / Fahruh Juhaevah, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kemapuan Berpikir Logis, Bangun Datar
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 13 Jan 2023 05:35
Last Modified: 13 Jan 2023 05:35
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2910

Actions (login required)

View Item View Item