Payapo, Hasmaniar (2022) Peran Kepala Sekolah Sebagai Motivator Dalam Pengoptimalan Kinerja Guru SMA Negeri 8 Seram Bagian Barat. Skripsi thesis, IAIN Ambon.
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (393kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (529kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (245kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (591kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (227kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (236kB) |
|
Text
DOKUMENTASI.pdf Download (2MB) |
Abstract
Kepala sekolah sebagai pemimpin pendidikan harus dapat mengenal dan mengerti berbagai kedudukan, keadaan dan apa yang diinginkan baik oleh guru maupun oleh pegawai tata usaha serta pegawai-pegawai lainnya. Sehingga dengan kerja sama yang baik menghasilkan pikiran yang harmonis dalam usaha perbaikan sekolah dalam meningkatkan efektifitas kinerja. Kepala sekolah berusaha secara terus menerus untuk membina dan mengembangkan hubungan kerja yang baik antara guru dan pegawai-pegawai agar dapat mewujudkan sekolah yang efektif dan efesien. Rumusan Masalah dari penelitian ini 1).Bagaimana peran kepala sekolah sebagai motivator dalam pengoptimalan kinerja guru di SMA Negeri 8 Seram Bagian Barat, 2). Apa saja faktor pendukung dan penghambat kepala sekolah sebagai motivator dalam pengoptimalan kinerja guru di SMA Negeri 8 Seram Bagian Barat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui 1). Peran kepala sekolah sebagai motivator dalam pengoptimalan kinerja guru di SMA Negeri 8 Seram Bagian Barat 2). Untuk mengetahui factor pendukung dan penghambat yang dihadapi kepala sekolah sebagai motivator dalam pengoptimalan kinerja guru di SMA Negeri 8 Seram Bagian Barat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 8 Seram Bagian Barat. Adapun yang menjadi informan dalam penelitian ini berjumlah 6 orang terdiri dari kepala sekolah dan 5 guru. untuk memperoleh data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi, kemudian data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan tahapan reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1). Peran Kepala Sekolah Sebagai Motivator Dalam Mengoptimalan Kenerja Guru di SMA Negeri 8 Seram Bagian Barat terdiri dari: a) pengaturan lingkungan kerja, b) pengaturan suasana kerja, c) disiplin, d) memberi dorongan, e) memberi penghargaan, f) penyediaan sumber belajar. 2). Faktor pendukung, a) penghargaan kinerja guru, b) Hubungan baik sesama guru. Faktor Penghambat, a) karakter guru, b) disiplin. Merujuk dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa Peran Kepala Sekolah Sebagai Motivator Dalam Pengoptimalan Kinerja Guru terlihat sangat efektif dan efesien.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information/Pembimbing: | Dr. Kapradja Sangadji, M.Pd / Habiba Waliulu, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Kepala Sekolah, Motivator, Kinerja Guru |
Subjects: | IAIN Ambon > Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam Manajemen Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam Berdasarkan Subyek > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | La Iba |
Date Deposited: | 15 Jan 2023 23:31 |
Last Modified: | 15 Jan 2023 23:31 |
URI: | http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2920 |
Actions (login required)
View Item |