Peran Guru Akidah Akhlak Dalam Pembinaan Akhlakul Karimah Peserta Didik Kelas VIII MTs Hasyim Asy’ari Ambon

Tajudin, Eva Rosdiana (2021) Peran Guru Akidah Akhlak Dalam Pembinaan Akhlakul Karimah Peserta Didik Kelas VIII MTs Hasyim Asy’ari Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (930kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (279kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (391kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (201kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (105kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (213kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (632kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru akidah akhlak dalam pembinaan akhlakul karimah peserta didik kelas VIII MTs Hasyim Asy’ari Ambon dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat peran guru akidah akhlak dalam pembinaan akhlakul karimah peserta didik kelas VIII MTs Hasyim Asy’ari Ambon. Tipe penelitian adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan dari tanggal 24 Februari sampai dengan 24 Maret 2021. Subjek dalam penelitian adalah 1 orang kepala sekolah dan 1 orang guru akidah akhlak dan 4 orang peserta didik. Instrumen penelitian yang digunakan adalah pedoman wawancara. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru Akidah akhlak dalam membina akhlakul karimah peserta didik kelas VIII MTs Hasyim Asy’ari Ambon sudah dilakukan dengan baik. Guru akidah akhlak sudah menjalankan tugas dengan prosedur atau kurikulum yang berlaku. Peranan guru akidah akhlak dalam membina akhlak peserta didik adalah dengan cara menerapkan pembiasaan di sekolah. Kenyataan ini terlihat dari pelaksanaan pendidikan yang diajarkan oleh guru dengan memberikan nasaehat setiap hari di sekolah diantaranya pembiasaan mengucapkan salam, berprilaku baik, bertutur kata lembut, kerapian dalam berpakaian, disiplin belajar dan menghormati guru dan sesama teman dan menghargai orang yang ada di lingkungan masyrakat dengan selalu beriman kepada Alalah swt. Semua ini adalah peran aktif sekolah atau guru pendidikan agama Islam yang menanamkan nilai-nilai agama di dalam diri peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Dr. Nursaid, M.Ag / Saida Manilet, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Peran Guru Akidah Akhlak, Akhlakul Karimah Peserta Didik
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 19 Jan 2023 00:17
Last Modified: 19 Jan 2023 00:17
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2929

Actions (login required)

View Item View Item