Analisis Perilaku Konsumtif Mahasiswi Program Studi Ekonomi Syari’ah Institut Agama Islam Negeri Ambon dalam Melakukan Pembelian Online Menurut Perspektif Ekonomi Islam

Silawane, Mardiana (2022) Analisis Perilaku Konsumtif Mahasiswi Program Studi Ekonomi Syari’ah Institut Agama Islam Negeri Ambon dalam Melakukan Pembelian Online Menurut Perspektif Ekonomi Islam. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAGIAN DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (442kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (569kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (272kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (922kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (218kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (222kB)
[img] Text
LITERASI.pdf

Download (330kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (87kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu Untuk mengetahui bagaimana perilaku konsumtif mahasiswi Ekonomi Syari’ah Institut Agama Islam Negeri Ambon dalam melakukan belanja online dan Untuk mengetahui bagaimana perilaku konsumtif mahasiswi Ekonomi Syari’ah Institut Agama Islam Negeri Ambon dalam melakukan pembelian online menurut perspektif ekonomi islam. Penelitian ini menggunakan jenis metode penelitian kualitatif lapangan, (field research) yaitu jenis penelitian yang menggambarkan secara kualitatif mengenai objek yang dibicarakan sesuai kenyataan yang terdapat dalam masyarakat. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu Observasi, Wawancara, Dokumentasi, Adapun alat bantu yang akan penulis gunakan antara lain, Pedoman wawancara, Buku catatan, Kamera, Tape recorder. Analisis data penelitian kualitatif dapat dilakukan melalui tiga alur kegiatan yang terjadi secara bersamaan yaitu Mereduksi data, Penyajian Data (Data Display), Penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian penunjukan bahwa perilaku konsumsif Mahasiswi Program Studi Ekonomi Syariah di pengaruhi oleh beberapa hal seperti perkembangan jaman, faktor lingkungan, gaya hidup, dan juga adapun pengaruh dari media sosial yang menawarkan barang sehingga seringkali membuat mahasisiwi tertarik untuk membeli barang yang di promosikan melalui sosial media. Apalagi dengan kehidupan mahasiswi yang seringkali membuat mereka percaya diri dengan terhadap barang yang mereka gunakan.Tinjauan Ekonomi Islam Terhadap Perilaku Konsumtif yang dilakukan oleh Mahasiswi Program Studi Ekonomi Syariah dalam berbelanja melalui media online belum sepenuhnya sesuai dengan syariat Islam sebab apa yang menjadi alasan mereka berbelanja pada media online semata-mata bukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, tetapi hanya untuk mengikuti perkembangan zaman/trend, dan tidak mengikuti prinsip dasar mengkomsumsi dalam islam yakni prinsip keadilan,kebersihan,kesederhanaan,kemurahan hati serta moralitas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Dr. Ismail Tuanany, MM. / M. Sarfan Basyir Putuhena. SH,MH
Uncontrolled Keywords: Perilaku Konsumtif, Pembelian Online
Subjects: Ekonomi Syariah
IAIN Ambon > Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Divisions: Berdasarkan Subyek > Ekonomi Syariah
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 24 May 2023 01:39
Last Modified: 24 May 2023 01:39
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/3293

Actions (login required)

View Item View Item