Penerapan Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas VIII Pada Materi Sistem Pencernaan pada Manusia di MTs. Nurul Ikhlas Ambon

Souwakil, Hadia (2023) Penerapan Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas VIII Pada Materi Sistem Pencernaan pada Manusia di MTs. Nurul Ikhlas Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (661kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (316kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (457kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (475kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (749kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (184kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (301kB)
[img] Text
LAMPIRAN .pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajar Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa kelas VIII pada materi sistem pencernaan pada manusia di MTs. Nurul Ikhlas Ambon, tipe penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dilakukan sebanyak 2 siklus, subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Nurul Ikhlas Ambon yang berjumlah 20 orang siswa. instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrument tes, soal tes sebanyak 20 soal, penelitin ini dilaksanakan dari tanggal 16 november 2022 samapi dengan 16 desember 2022. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar siswa pada pra siklus siswa yang tuntas 2 orang siswa dengan presentase ketuntasan 10% sedangkan yang tidak tuntas sebanyak 18 siswa dengan presentase ketuntasan 90%, sedangkan pada tahap siklus I siswa yang tuntas sebanyak 8 orang siswa dengan presentase ketuntasan 40% dan tidak tuntas sebanyak 12 orang siswa dengan presentase ketuntasan 60%, sedangkan pada siklus II siswa yang tidak tuntas sebanyak 3 orang siswa dengan presentase ketuntasan 15% dan siswa yang tuntas sebanyak 17 orang siswa dengan presentase ketuntasan 85%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Zamrin Jamdin, M.Pd / Nurwafiah Marda, M.Ph
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Problem Based Learing
Subjects: IAIN Ambon > Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Tadris IPA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Berdasarkan Subyek > Tadris IPA
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 05 Jul 2023 01:03
Last Modified: 05 Jul 2023 01:03
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/3723

Actions (login required)

View Item View Item