Pengaruh Model Pembelajaran Creative problem solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematik Pada Materi Translasi dan Refleksi Kelas XI SMA Kristen 1 Amahai

Fitnar, Waode Iid Nazalu (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Creative problem solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematik Pada Materi Translasi dan Refleksi Kelas XI SMA Kristen 1 Amahai. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (615kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (587kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (701kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (300kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (412kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) adalah model pembelajaran yang melakukan pemusatan pada pengajaran dan keterampilan pemecahan masalah, yang diikuti dengan penguatan keterampilan. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah Apakah ada Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematik Pada Materi Translasi dan refleksi kelas XI SMA Kristen 1 Amahai. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) terhadap kemampuan berpikir kritis matematik pada materi translasi dan refleksi kelas XI SMA Kristen 1 Amahai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kombinasi (mixed methods) dengan jenis sequential explanatory design. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran matematika dengan menerapkan Model pembelajaran creative problem solving (CPS) berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi translasi dan refleksi kelas XI SMA Kristen 1 Amahai dengan nilai tahapan keterkaitan model pembelajaran CPS dengan kemampuan berpikir kritis yang terdapat 6 tahap yaitu: Objevtive finding sebesar 77,68%, Fact Finding sebesar 75%, problem finding sebesar 91.67%, Idea finding sebesar 91,67%, solution finding sebesar 83,33% dan Acceptance finding sebesar 75%. Berdasarkan hasil wawancara dan hasil observasi aktifitas guru dan siswa dilakukan siswa kelas XI IPA 1 dan siswa kelas XI IPA 2 SMA Kristen 1 Amahai dapat disimpulkan bahwa siswa memberikan respon positif dan cenderung lebih aktif terhadap pembelajaran matematika khususnya pada model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Dr. Patma Sopamena, M. Pd.I., M.Pd. / Rusmin Madia, M.Pd
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 26 Oct 2023 02:40
Last Modified: 26 Oct 2023 02:40
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/3900

Actions (login required)

View Item View Item