Diagnosis Kegagalan Metacognitive Awarenes Terhadap Proses Pemecahan Masalah Matematika pada Materi Bilangan Bulat

Tun, Mega (2021) Diagnosis Kegagalan Metacognitive Awarenes Terhadap Proses Pemecahan Masalah Matematika pada Materi Bilangan Bulat. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (223kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (225kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (255kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (210kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (450kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (188kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (184kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (415kB)

Abstract

Metacognitive Awareness merupakan suatu kesadaran yang menempatkan dirinya mampu memahami tujuan, merencanakan, penetapan strategi, dan mampu merefleksikan kelemahan dan kelebihannya dalam proses kognisi yang mengacu pada hasil pencapaiannya. Penelitian ini bertujuan untuk mendiagnosis/mendeskripsikan metacognitive awareness siswa dalam menyelesaikan masalah matematika pada bilangan bulat. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VII MTS Hasyim Asy'ari Ambon yang diberikan soal tes dengan menggunakan think alouds dan diwawancarai kemudian diambil 2 orang sebagai perwakilan subjek yang memenuhi indikator metacognitive awareness. Hasil penelitian ini menunjukkan siswa tidak memenuhi keempat indikator metacognisi awareness yakni dalam memikirkan tentang apa yang sudah diketahui menjabarkan dan menjelaskan seluruh informasi pada soal, kemudian siswa mengetahui permasalahan yang sedang dikerjakan, yaitu mengetahui persoalan atau permasalahan yang ditanyakan dalam soal dan siswa juga mengetahui apa yang harus dilakukan, (menentukan langkah awal hingga proses menarik kesimpulan) serta memikirkan tentang sesuatu yang telah dilakukan di lain waktu untuk membantu (menggunakan pengetahuan yang dimiliki sebelumnya dalam menyelesaikan setiap proses pengoperasian bilangan bulat untuk memperoleh hasil yang tepat), sehingga siswa dinyatakan gagal dalam memecahkan masalah bilangan bulat pada soal yang diberikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Dr. Patma Sopamena, M.Pd.I, M.Pd / Dinar Riaddin M.Pd
Uncontrolled Keywords: Metacognitive Awareness, Proses Pemecahan Masalah, materi bilangan bulat.
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 23 Nov 2023 01:30
Last Modified: 23 Nov 2023 01:30
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/3981

Actions (login required)

View Item View Item