Pemahaman Konsep Siswa Dalam Penyelesaikan Masalah Kerucut

Rumodar, Nabila (2022) Pemahaman Konsep Siswa Dalam Penyelesaikan Masalah Kerucut. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (688kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (700kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (532kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (414kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (301kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (414kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pemahaman konsep adalah kemampuan yang dimiliki siswa untuk dapat mengemukakan kembali ilmu yang diperoleh baik dalam bentuk ucapan maupun tulisan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemahaman konsep siswa dalam penyelesaian masalah kerucut. . Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif.. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX Mts Hasyim Asy’ari Ambon. Instrumen yang digunakan adalah soal tes dan wawancara, jumlah subjek yang diambil adalah dua orang siswa sebagai perwakilan karena memiliki jawaban benar dan memenuhi indikator pemahaman konsep. Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa mampu menyelesaikan soal dengan benar dan memenuhi kelima indikator pemahaman konsep, (1) menyatakan ulang secara verbal konsep yang telah dipelajari yaitu siswa dapat mengungkapkan kembali konsep dengan menulis rumus kerucut. (2) mengklasifikasikan objek-objek berdasarkan dipenuhi atau tidaknya persyaratan untuk membentuk konsep tersebut yaitu siswa mampu mengelompokan objek-objek atau unsur-unsur yang ada pada soal dan mengelompokan objek atau unsur tersebut ke dalam bentuk rumus yang suda diketahui. 3) menerapkan konsep secara algoritma yaitu siswa mampu menyelesaikan soal yang ada sesuai dengan langkah-langkah penyelesain. (4) menyajikan konsep dalam berbagai macam bentuk representasi matematika yaitu siswa mampu menyajikan nilai yang ada pada soal ke dalam bentuk lain, misalnya gambar. (5) mengaitkan berbagai konsep yaitu siswa mampu mengaitkan konsep satu dengan yang lainya untuk mendapatkan hasil akhir dari soal tersebut. Jadi, dapat dinyatakan bahwa kemampuan pemahaman konsep itu sangat penting bagi peserta didik, karena dalam pembelajaran matematika materi satu dengan yang lain saling berkaitan atau saling berhubungan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Dr. Patma Sopamena, M.Pd,I., M.Pd, / Fahruh Juhaevah, M.Pd
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 23 Nov 2023 01:46
Last Modified: 23 Nov 2023 01:46
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/3983

Actions (login required)

View Item View Item