Kemampuan Argumentasi Matematika Siswa Dalam Argument Drivent Inquiry

Mani, Ratna Laode (2023) Kemampuan Argumentasi Matematika Siswa Dalam Argument Drivent Inquiry. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
Halaman Awal.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (495kB)
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (629kB)
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (201kB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (734kB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (156kB)
[img] Text
Daftar Pustaka - Lampiran.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui kemampuan argumentasi matematika siswa dalam argument driven inquiry Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII 1 M.Ts Negeri Ambon yang diberikan soal tes. Tes dilakukan sebanyak 2 kali, tes pertama yaitu penjaringan subjek yang diikuti seluruh siswa kelas VIII1 M.Ts Negeri Ambon, dengan jumlah soal 1 nomor dan hasil tes diperoleh 3 orang siswa mampu menyelesaikan soal tes. Selanjutnya 3 orang siswa tersebut diberikan soal tes kedua tentang kemampuan argumentasi dengan jumlah soal 1 nomor dan hasil tes diperoleh 3 orang siswa mampu menyelesaikan tes sesuai 5 indikator kemampuan argumentasi dan dilakukan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa mampu menyelesaikan soal tes sesuai 5 indikator kemampuan argumentasi yaitu Claim (dugaan/simpulan awal) dimana siswa dalam menjawab soal terlebih dahulu menuliskan dugaan awal atau simpulan awal. menuliskan informasi,. alasan yang dapat mendukung claim yang diberikan serta menghubungkan bukti dengan claim. Evidence (memberikan bukti yang sesuai dan cukup untuk mendukung claim) dimana siswa memberikan bukti yang sesuai dan cukup untuk mendukung Claim bernilai benar, dengan mendapatkan informasi informasi yang di dapat dari dugaan awal dan soal yang sudah diketahui. Warrant (alas an yang diberikan untuk menghubungkan claim dan data/informasi yang muncul pada soal) dimana siswa kemudian memberikan alas an atau informasi tambahan yang muncul pada soal untuk memperkuat hasil dan dugaan awal. Qualifier (kondisi agar claim bernilai benar) dimana siswa memberikan informasi untuk membuktikan dugaan awal bernilai benar. Rebuttal (kebenaran suatu simpulan/sanggahan) dimana siswa dapat memberikan kesimpulan dengan baik dan jelas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Dr Ajeng Gelora Mastuti, M.Pd / Syafruddin Kaliky, M,Pd
Uncontrolled Keywords: Kemampuan, Argumentasi, Argument Driven Inquiry
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 07 Dec 2023 00:31
Last Modified: 07 Dec 2023 00:31
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/4075

Actions (login required)

View Item View Item