Implementasi Pendidikan Karakter Pada Nilai Tanggung Jawab Dalam Proses Pembelajaran Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VII MTs Hasyim Asy’ari Ambon

Umboh, Novi (2023) Implementasi Pendidikan Karakter Pada Nilai Tanggung Jawab Dalam Proses Pembelajaran Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VII MTs Hasyim Asy’ari Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (483kB)
[img] Text
BAB II LANDASAN TEORI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (536kB)
[img] Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf

Download (368kB)
[img] Text
BAB IV PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (603kB)
[img] Text
BAB V PENUTUP.pdf

Download (320kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (421kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan karakter pada nilai tanggung jawab merupakan upaya dalam mendidik peserta didik agar memahami dan mampu melakukan hal-hal yang baik terutama sikap tanggung jawab sesuai dengan norma yang berlaku di masyarakat. Tujuan pendidikan karakter nilai tanggung jawab ini ialah agar dapat mengembangkan potensi yang dimiliki peserta didik agar selalu mengabdikan dirinya sebagai hamba Tuhan Yang Maha Esa dengan mengimplementasikan sifat-sifat yang mulia terutama tanggung jawab di dalam kehidupan sehari-hari. Adapun yang menjadi pokok bahasan dalam penelitian ini ialah bagaimana implementasi pendidikan karakter pada nilai tanggung jawab dalam proses pembelajaran mata pelajaran akidah akhlak Kelas VII MTs Hasyim Asy’ari Ambon? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan mulai dari tanggal 17 Juli sampai 17 Agustus 2023. Penelitian ini berlokasi di MTs Hasyim Asy’ari Ambon. Yang menjadi subjek dalam penelitian ini ialah 1 guru akidah akhlak dan seluruh peserta didik kelas VII MTs Hasyim Asy’ari Ambon. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa implementasi pendidikan karakter pada nilai tanggung jawab dalam proses pembelajaran mata pelajaran akidah akhlak kelas VII Hasyim Asy’ari Ambon dapat dilakukan dengan (1) Memberikan kebebasan kepada peserta didik untuk bertanya, menjawab maupun menyampaikan pendapat, namun harus mampu dipertanggungjawabkan nantinya. (2) Membentuk diskusi kelompok, melalui diskusi ini nilai tanggung jawab yang dapat dilihat adalah keseriusan peserta didik dalam berdiskusi yakni kesadaran mereka untuk ikut berpartisipasi dalam memberikan ide dan gagasan kepada teman kelompoknya. (3). Memberikan tugas yang teratur dan terarah, nilai tanggung jawab yang dapat dilihat melalui pemberian tugas secara teratur dan terarah ini adalah agar melatih peserta didik untuk menyelesaikan tugas yang diberikan sebagai bentuk kewajiban yang harus ditepati. (4) Metode pembiasaan, metode ini merupakan metode yang bisa dikatakan efektif karena karakter yang baik akan terus dilakukan secara berulang kemudian lama kelamaan menjadi terbiasa. Nilai tanggung jawab yang bisa dilihat melalui metode pembiasaan ini ialah tanggung jawab manusia terhadap tuhan yang dilakukan sebagai perwujudan dari rasa bersyukur kepada sang pencipta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Dr. Abidin Wakano, M.Ag / Saida Manilet, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Nilai Tanggung Jawab, Pembelajaran Akidah Akhlak
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 19 Dec 2023 03:35
Last Modified: 19 Dec 2023 03:35
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/4171

Actions (login required)

View Item View Item