Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Masa Pandemic Covid-19 Siswa Kelas VIII SMP Negeri 76 Maluku Tengah

-, Esna (2023) Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Masa Pandemic Covid-19 Siswa Kelas VIII SMP Negeri 76 Maluku Tengah. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (552kB)
[img] Text
BAB II TINJAUAN PUSTAKA_.pdf
Restricted to Registered users only

Download (480kB)
[img] Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf

Download (318kB)
[img] Text
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (485kB)
[img] Text
BAB V PENUTUP_.pdf

Download (191kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA_.pdf

Download (303kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Strategi belajar mengajar adalah hal yang harus dilakukan oleh guru. Seorang guru akan memiliki aturan untuk bertindak dalam kaitannya dengan pilihan alternatif yang berbeda yang dapat diambil dengan memiliki strategi. Dengan demikian, kegiatan dan pengajaran pembelajaran dapat berlangsung secara metodis, terfokus, mudah, dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pembelajaran pendidikan agama Islam pada masa pandemic covid-19 siswa kelas VIII SMP Negeri 76 Maluku Tengah. Dalam penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian historis, dalam proses pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan untuk analisis data dengan cara reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Dalam hal ini penulis akan memaparkan secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa strategi pembelajaran pada masa pandemi covid-19 di SMP Negeri 76 Maluku Tengah menggunakan strategi pembelajaran daring dan luring serta bisa mengkolaborasi keduanya “bleanded learning”, pada pembelajaran daring dilakukan dengan menggunakan aplikasi whatsapp untuk bertukar informasi, materi pembelajaran dan memberikan tugas. Untuk pembelajaran luring yang dilakukan guru menggunakan strategi pembelajaran ekspositori, dengan menggunakan metode ceramah dan metode resitasi (pemberian tugas), serta bahan ajar yang di gunakan guru yaitu buku ajar pendidikan agama Islam, dan menggunakan pendekatan pembelajaran secara individu dan secara kelompok Strategi pembelajaran ekspositori dilakukan dengan tujuan agar guru yang akan lebih banyak berperan dalam pembelajaran mengingat waktu yang sangat singkat, untuk setiap siswa guru akan menjelaskan materi selama beberapa menit saja kemudian langsung memberikan tugas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Dr Samad Umarella, M.Pd, / Andi Rahmat Abidin, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran, Pembelajaran Luring
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 21 Dec 2023 02:28
Last Modified: 21 Dec 2023 02:28
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/4184

Actions (login required)

View Item View Item