Analisis Strategi Pembinaan Pembelajaran Bahasa Arab pada Mahasantri Putra di Ma’had al-Jami’ah IAIN Ambon

Onyong, Onyong (2024) Analisis Strategi Pembinaan Pembelajaran Bahasa Arab pada Mahasantri Putra di Ma’had al-Jami’ah IAIN Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
Halaman Awal.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (538kB)
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (486kB)
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (446kB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (534kB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (282kB)
[img] Text
Daftar Pustaka - Lampiran.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Pembinaan Pembelajaran Bahasa Arab Pada Mahasantri Putra di Ma’had al-Jami’ah IAIN Ambon serta mengetahui faktor pendukung dan penghambat pembelajara bahasa Arab di Ma’had al-Jami’ah IAIN Ambon. Dengan memfokuskan penelitian ini kepada strategi pembelajaran bahasa Arab. Mahasiswa yang diteliti adalah mahasantri putra di Ma’had al-Jami’ah peserta pembinaan bahasa Arab. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yakni menggambarkan secara sistematis terhadap suatu gejala tertentu secara faktual dan akurat mengenai fenomena yang terjadi. Teknik pengumpulan data yang dipakai pada penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi serta menggunakan analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini adalah penelitian lapangan field research (studi lapangan) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Jumlah informan ada 6 orang yang digolongkan berdasarkan jabatan. Teknik analisis data menggunakan Miles dan Huberman yaitu; reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Skripsi ini menunjukan bahwa (1) Strategi Pembinaan pembelajaran bahasa Arab Pada Mahasantri Putra yang di terapkan di Ma’had al-Jami’ah IAIN Ambon adalah strategi menghafal untuk kelas idad, dan strategi praktek untuk kelas wustho. Efektivitas dilihat pada indikator kedisiplinan dan kompetensi pengajar. Dimana kedisiplinan yang diterapkan di Ma’had sudah sesuai terutama pada jam pembinaan dan jam perkuliahan yang mana jam pembinaan yang diterapkan di Ma’had hanya malam hari mulai dari ba’da Magrib, ba’da Isya dan ba’da Subuh, pada keaktifan mahasantri dalam mengikuti pembinaan dilihat saat pengambilan absen, apabila terdapat mahasantri yang tidak mengikuti pembinaan maka dekenakan hukuman, kemudian keaktifan mahasantri dalam menerima materi pembelajaran bahasa Arab cukup baik, karen mereka mampu memahami penjelasan dari pengajar. (2) Adapun faktor pendukung dan penghambat, diamana faktor pendukung yaitu: sudah disediakan fasilitas seperti infokus, soundsitem untuk praktek bahasa, dan fasilitas tempat pembinaan yaitu di gedung lantai 1 asrama dan juga mesjid yang memudahkan mahasntri dan pengajar mudah untuk menjalani pelajaran serta faktor penghambat yaitu: dari sisi fasilitas seperti ketersediaan spidol, penghapus dan papan tulis yang terbatas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Djamila Lasaiba, M. A / Pembimbing II : Mokshin Kaliky, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran Bahasa Arab
Subjects: Bahasa Arab
Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 02 Oct 2024 00:52
Last Modified: 02 Oct 2024 00:52
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/4478

Actions (login required)

View Item View Item