Ariyanti, Ode (2024) Peran Wali Kelas dalam Membentuk Karakter Disiplin Tanggung Jawab dan Kejujuran Peserta Didik Kelas 5 di Mis Al Madinah Ambon. Skripsi thesis, IAIN AMBON.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (727kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (616kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (865kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (628kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (837kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (321kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA_LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Tujuan Penelitian a) Untuk mengetahui peran wali kelas 5 dalam pembentukan karakter disiplin, tanggung jawab dan kejujuran peserta didik di Mis Al Madinah Ambon. b) Untuk mendeskripsikan tentang bagaimana peran wali kelas 5 dalam pembentukan karakter peserta didik dan mengetahui apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat pembentukan karakter disiplin, tanggung jawab dan kejujuran peserta didik di Mis Al Madinah Ambon. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif yaitu dilakukan secara bertahap hingga mendapatkan hasil yang sesuai dengan perlakuan. Jadi, dimana peneliti akan bertindak aktif selama proses penelitian. Penelitian kualitatif deskriptif terbagi atas beberapa bagian yaitu; a) Perencanaan, b) Persiapan, c) Pelaksanaan, c) Analisis data, setelah melakukan perencanaan, peneliti kemudian melakukan pra tindakan dengan mengumpulkan data yang diperoleh dari beberapa informan di Mis Al Madinah Ambon dalam penelitian ini. Peran wali kelas dalam membentuk karakter peserta didik yaitu ada 5 aspek, yaitu; a) Membiasakan zuhur berjamaah yaitu dikerjakan secara bersama-sama sebelum pulang dari madrasah. b) Memperhatikan kebersihan, kerapian dalam pembelajaran, yaitu memungut sampah dan pakaian rapi senin-selasa merah putih, rabu-kamis batik, jum’at olahraga dan sabtu pramuka. c) Disiplin dan tanggung jawab datang ke madrasah tepat waktu, jujur mengerjakan aturan madrasah, dan mengerjakan tugas dari madrasah. d) Mengerjakan tugas dengan jujur, yaitu mengerjakan tugas tepat waktunya, jujur mengerjakan tugas, membantu teman membutuhkan arahan. e) Mengatasi masalah yang dialami peserta didik, yaitu menegur peserta didik tidak menaati aturan, memberikan arahan, bimbingan, memberikan peringatan dan menanyakan masalah peserta didik. f) Menyiapkan alat tulis, yaitu kesiapan guru dalam proses pembelajaran. 2 Faktor pendukung, a) Kesiapan wali kelas dan guru memberikan arahan kepada peserta didik, yaitu peserta didik menaati aturan madrasah, menyadari kesalahannya, dan wali kelas dan guru konsisten menjalani tugasnya. b) Peserta didik menaati aturan madrasah, yaitu mengikuti apel, upacara bendera, dan tadarus al-Qur’an. c) Kesiapan orang tua dalam mendidik anak, yaitu membantu pembentukan karakter disiplin, tanggung jawab dan kejujuran. 3 Faktor penghambat, a) Peserta didik datang terlambat ke madrasah, yaitu menunggu satu teman dengan teman lainnya, membantu orang tua. b) Tidak memiliki pagar madrasah, MIS Al Madinah Ambon tidak memiliki pagar madrasah. c) Peserta didik tidak menaati nasehat orang tua, yaitu tidak sewajarnya, karena akan menjadi sulit dalam perkembangan pembentukan karakter.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information/Pembimbing: | Pembimbing I : Dr. Moh. Rahamjantel, S. Ag., M. Th. I / Pembimbing II : Irvan Mustofa, S. Pd., M. Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Pembentukan Karakter Peserta Didik |
Subjects: | IAIN Ambon > Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Berdasarkan Subyek > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Yunita Febriani |
Date Deposited: | 13 Feb 2025 05:55 |
Last Modified: | 13 Feb 2025 05:55 |
URI: | http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/4583 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |