Kaimudin, Deri Miranti (2023) Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VII Pada Materi Pecahan di Mts Nadil Ulumiddiniyah Ory. Skripsi thesis, IAIN AMBON.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I .pdf Download (658kB) |
![]() |
Text
BAB II .pdf Download (646kB) |
![]() |
Text
BAB III .pdf Download (639kB) |
![]() |
Text
BAB IV .pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V .pdf Download (217kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka - Lampiran .pdf Download (7MB) |
Abstract
Quantum Teaching adalah pengubah belajar yang meria dengan segala nuansanya. Dan Quantum Teaching juga menyertakan segala kaitan, interaksi, dan perbedaan yang memaksimalkan momen belajar. Quantum Teaching ingin berfokus pada hubungan dinamis dalam lingkungan kelas, interaksi yang mendirikan landasan dan kerangka untuk belajar. kemampuan komunikasi matematis dapat dinyatakan bahwa kemampuan komunikasi matematis membantu peserta didik menajamkan cara berpikir, memajukan penalarannya, hingga sampai pada tahap meningkatkan kemampuan pemecah masalah matematis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran quantum teaching terhadap kemampuan komunikasi siswa kelas VIII pada materi pecahan di MTs Nadil Ulumiddiniyah Ory. Tipe penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). PTK ini menggunakan pengembangan dari model Kurt Lewin yang terdiri atas empat langkah dalam pelaksanaan penelitian tindakan ini, yaitu perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing) dan refleksi, (reflecting). Penelitian ini dilakukan di MTs Nadil Ulumiddiniyah Ory, Kecamatan Pulau Haruku Kabupaten Maluku Tengah. Subjek penelitian adalah seluruh siswa Kelas VII MTs Nadil Ulumiddiniyah Ory yang berjumlah sebanyak 20 orang yang terdiri atas 9 laki-laki dan 11 permpuan. Teknik analisis data menggunakan rumus ketuntasan belajar siswa dan rumus ketuntasan klasikal. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh terhadap kemampuan komunikasi matematis pada siklus I menunjukkan bahwa presentase kemampuan matematika siswa sebesar 40% belum mencapai ketuntasan klasisik 65% sehingga perlu untuk melakukan perbaikan. Sedangkan Pada siklus II kegiatan pembelajaran Quantum Teaching telah memenuhi indikator keberhasilan dengan presentase rata-rata kemampuan komunikasi matematika siswa dengan penerapan model pembelajaran Quantum Teaching telah mencapai kategori tinggi dengan nilai rata-rata siswa sebesar 85 % sehingga tidak perlu dilanjutkan dengan siklus berikutnya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information/Pembimbing: | Pembimbing I : Dr. Djaffar Lessy, M. Si. / Pembimbing II : Gamar Assagaf, M. Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Quantum Teaching, Pecahan |
Subjects: | Pendidikan Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Yunita Febriani |
Date Deposited: | 24 Feb 2025 01:37 |
Last Modified: | 24 Feb 2025 01:37 |
URI: | http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/4592 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |