Implementasi Etnomatematika pada Rumah Latu Negeri Luhu dalam Pembelajaran Matematika Kelas VII SMP Muhammadiyah Luhu

Samal, Fitria Anur (2024) Implementasi Etnomatematika pada Rumah Latu Negeri Luhu dalam Pembelajaran Matematika Kelas VII SMP Muhammadiyah Luhu. Skripsi thesis, IAIN AMBON.

[img] Text
COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (542kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (942kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (735kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (459kB)
[img] Text
dapus-lampiran.pdf

Download (4MB)

Abstract

Etnomatematika menjadi salah satu cara yang digunakan untuk mengenalkan kebudayaan dengan matematika. D’Ambrosio menyatakan bahwa etnomatematika merupakan matematika yang diterapkan oleh kelompok budaya tertentu seperti masyarakat adat, kelompok adat, masyarakat perkotaan dan pedesaan, anak-anak, dan lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi etnomatematika pada rumah Latu Negeri Luhu dalam pembelajaran matematika kelas VII SMP Muhammadiyah Luhu. Jenis penelitian yang dilakukakn adalah penelitian Mixed Method (penelitian campuran). Dengan sampel penelitian yaitu siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Luhu yang terdiri dari 18 siswa. Instrumen penelitian yaitu soal tes, Wawancara dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data soal tes, lembar observasi, Wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi Etnomatematika merupakan disiplin ilmu yang menghubungkan antara matematika dan budaya. Etnomatematika yang penulis teliti mengenai materi geometri bangun datar yang ada pada bangunan Rumah Latu Negeri Luhu ditemukan adanya konsep matematika pada bangunan Rumah Latu Negeri Luhu yaitu konsep geometri bangun datar. Konsep geometri bangun datar yang terdapat pada bangun Rumah Latu yaitu segitiga, belah ketupat, persegi, persegi panjang, dan lingkaran. Hasil belajar siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Luhu mengalami peningkatan dari tes awal ke tes akhir hal ini dibuktikan dengan hasil descriptive statistics menunjukan bahwa nilai rata-rata N-gain score yang diperoleh kelas VII dengan Implementasi Etnomatematika Pada Rumah Latu Negeri Luhu sebesar 0,81 termasuk dalam kategori Tinggi dengan nilai N-Gain score minimum 0,58 dan maximum 1,00. Sedangkan N-Gain Persen diperoleh nilai rata-rata sebesar 80,99 termasuk dalam kategori efektif nilai dengan N-Gain persen minimum 57,75 dan maximum 100,00.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Dr. Patma Sopamena, M. Pd. I., M. Pd. / Pembimbing II : Syafruddin Kaliky, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Etnomatematika, Rumah Latu Negeri Luhu, Pembelajaran Matematika
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 25 Feb 2025 01:23
Last Modified: 25 Feb 2025 01:23
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/4593

Actions (login required)

View Item View Item