Persepsi Guru Dalam Penggunaan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas X di Ma Tahfiidzul Qur’an Al-Anshor Ambon

Siolon, Dewi Astuti (2025) Persepsi Guru Dalam Penggunaan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas X di Ma Tahfiidzul Qur’an Al-Anshor Ambon. Skripsi thesis, IAIN AMBON.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (801kB)
[img] Text
2. BAB I.pdf

Download (488kB)
[img] Text
3. BAB II.pdf

Download (895kB)
[img] Text
4. BAB III.pdf

Download (342kB)
[img] Text
5. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (519kB)
[img] Text
6. BAB V - LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Persepsi adalah pengalaman tentang suatu objek, peristiwa atau hubungan yang diperoleh seseorang dengan cara menyimpulkan informasi dan menafsirkan pesan. Persepsi guru menjadi salah satu faktor yang menentukan keterlaksanaan pemanfaatan TIK untuk kegiatan pembelajaran dan memberikan sumbangsih sebagai pendorong seorang guru untuk menciptakan pembelajaran di kelas maupun dunia maya dengan memanfaatkan TIK dalam pembelajaran secara efektif di kelas X di MA Tahfiidzul Qur’an Al- Anshor Ambon, Semester genap tahun ajaran 2023-2024. Adapun yang menjadi fokus penelitian ini adalah mengacu pada persepsi guru dalam penggunaan TIK pada mata pelajaran akidah akhlak kelas X di MA Tahfiidzul Qur’an Al-Anshor Ambon dan kendala yang dihadapi oleh guru dalam menggunakan TIK pada pembelajaran akidah akhlak. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif teknik pengumpulan data yang dipakai pada penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi serta menggunakan teknik analisis data yaitu pengumpulan data, analisis data, pengecekan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adapun dalam proses pelaksanaan pembelajaran Akidah Akhlak pada kelas X di MA Tahfiidzul Qur’an Al-Anshor Ambon guru menggunakan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk memudahkan guru dalam mengajar selain itu agar siswa mudah memahami apa yang disampaikan oleh guru yaitu dengan menggunakan infokus dan laptop dalam menampilkan materi-materi akidah akhlak berupa video kisah-kisah teladan para Nabi ataupun video kisah cerita pendek yang menggambarkan akhlak terpuji dan akhlak tercela sehingga dapat membentuk teladan yang baik kepada siswa serta menghindari Akhlak tercela, setelah itu siswa diperintahkan mendengar, menyimak dan mencatat materi-materi yang disampaikan oleh guru. Adapun kendala-kendala yang didapatkan pada saat proses pembelajaran akidah akhlak yaitu pada jaringan wifi bermasalah, laptop eror, jaringan internet lemot sehingga tidak dapat tersambung dengan laptop yang digunakan pada saat pembelajaran berlangsung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Dr. Samad Umarella, M.Pd/ Pembimbing II : Nur Khozin, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Persepsi guru dan Penggunaan TIK
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sitti Muthmainnah Raharusun
Date Deposited: 18 Jul 2025 04:03
Last Modified: 18 Jul 2025 04:03
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/4653

Actions (login required)

View Item View Item