Husin, Apriyanti (2024) SKRIPSI: Perbandingan preferensi mahasiswa program studi Ekonomi Syariah dalam pembelanjaan online pada Marketplace Shopee dan Tiktok Shop. Skripsi thesis, IAIN AMBON.
|
Text
COVER DLL.pdf Download (427kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (346kB) |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (705kB) |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (316kB) |
|
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (712kB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (293kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (201kB) |
|
|
Text
DOKUMENTASI DAN SUARAT PENELITIAN.pdf Download (392kB) |
Abstract
Belanja online melalui smartphone saat ini sudah menjadi kegiatan yang lumrah bagi masyarakat. Pembelian secara online ini dilakukan pada berbagai platform online, diantaranya marketplace shopee dan tiktok shop. Marketplace shopee dan tiktok shop mampu membuat konsumen berbelanja dengan sangat praktis tanpa bertemu langsung dengan penjual, mudah dalam bertransaksi serta menyediakan beberapa fitur yang memanjakan konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) faktor-faktor yang mempengaruhi preferensi konsumen dalam memilih online shop, dan 2) perbandingan preferensi mahasiswa program studi ekonomi syariah IAIN Ambon dalam pembelanjaan online di marketplace shopee dan tiktok shop. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research), yaitu penelitian dengan karakteristik masalah yang berkaitan dengan latar belakang dan kondisi saat ini subjek yang diteliti serta interaksi dengan lingkungan. Informan dalam penelitian ini adalah 12 orang mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah IAIN Ambon angkatan 2019-2020. Teknik analisis data yang digunakana adalah Uji Regresi Linear Sederhana. Adapun hasil dari penelitian ini adalah 1) Faktor-faktor yang mempengaruhi preferensi mahasiwa dalam memilih online shop diantaranya barangnya murah di dapat, murah, pemilik toko ramah, terdapat cashback dan diskon, free ongkir, COD, hemat waktu dan tenaga, dsb. 2) Perbandingan preferensi mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah IAIN Ambon dalam pembelanjaan online di marketplace Shopee dan TikTok shop adalah sebagai berikut 1) Mahasiswa lebih memilih Shopee daripada TikTok yaitu 7:5; 2) Lebih banyak item yang dibeli di Shopee dari pada TikTok oleh mahasiswa; 3) Lebih banyak keluhan terhadap barang yang dibeli dan keterlambatan pengiriman pada Shopee daripada TikTok; 4) pilihan pembayaran lebih variatif di Shopee daripada TikTok; dsb. Kata Kunci: Preferensi Mahasiswa, Marketplace Shopee, Tiktok Shop
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Additional Information/Pembimbing: | Pembimbing I; Darwis Amin, M.Si,- Pembimbing II; Fatma Watty Pelupessy, M.M |
| Subjects: | Ekonomi Syariah UIN AM Sangadji Ambon > Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
| Divisions: | Berdasarkan Subyek > Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
| Depositing User: | Usemahu Abdullah |
| Date Deposited: | 29 Oct 2025 03:16 |
| Last Modified: | 29 Oct 2025 03:16 |
| URI: | http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/4758 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
