Search for collections on Repository UIN AM Sangadji Ambon

SKRIPSI_Peran guru Biologi dalam mengimplemetasikan profil pelajar Pancasila di SMA/MA kota Ambon

Arifin, Lifyan (2024) SKRIPSI_Peran guru Biologi dalam mengimplemetasikan profil pelajar Pancasila di SMA/MA kota Ambon. Skripsi thesis, UIN A. M. Sangadji Ambon.

[img] Text
COVER - DAFTAR ISI.pdf

Download (484kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (232kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (315kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (137kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (112kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA-lampiran..pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru biologi dalam mengimplementasikan Profil Pelajar Pancasila dan faktor pendukung serta penghambat implementasian Profil Pelajr Pancasila di SMA/MA kota Ambon Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan survey lapangan. Subjeknya adalah guru biologi yang berjumlah 15 guru. Tehnik penggumpulan data menggunakan angket, wawancara dan dokumentasi. Serta analisis data yang digunakan yaitu analisis data interaktif berupa reduksi data, penyajian data dan penarik kesimpulan. Berdasarkan Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1). Peran guru biologi dalam mengimplementasikan Profil Pelajar Pancasila dapat dilakukan melalui penerapan dari 6 elemen/dimensi Profil Pelajar Pancasila. Kegiatan yang dilakukan, diantaranya sebagai berikut; (a). Beriman bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Kegiatan yang dilakukan seperti membaca surat-surat pendek yang di ulang berkali-kali sebelum pembelajaran dimulai disebut sebagai Muraja’ah, kemudian sebelum memulai dan mengakhiri pembelajaran siswa dituntut untuk membaca doa bersama. (b). Berkebinekaan global. kegitan yang dilakukan yaitu mengenal dan menghargai budaya seperti mengunjung tempat tempat bersejarah atau cagar budaya untuk mengenalkan kekayaan budaya lokal dan saling menghargai sesama walaupun berbeda suku, ras dan budaya. (c). Gotong royong. kegiatan yang dilakukan seperti siswa dibimbing untuk membuat proyek berbasis pembelajaran dapat digunakan untuk mengembangkan kopetensi kolaboratif siswa. (d). Kreatif. kegiatan yang dilakukan seperti di mana siswa dilatih untuk berpikir logis, menganalisis data, dan membuat keputusan berdasarkan bukti, serta membuat model 3D dari hewan dan tumbuhan, dapat meningkatkan kreatifitas siswa. (e). Bernalar kritis. kegiatan yang dilakukan seperti siswa diminta untuk berpikir kritis dan menganalisis informasi dari berbagai sumber. (f). Mandiri. kegiatan yang dilakukan seperti siswa di bimbing untuk melakukan penelitian dan membuat laporan penelitian. 2). Faktor pendukung dan penghambat diataranya sebagai berikut; a). Faktor pendukung yaitu dukungan dari berbagai pihak, kurikulum yang mendukung, lingkungan belajar yang kondusif, evaluasi yang berkala, dan budaya sekolah yang positif. b). Faktor Penghambat yaitu keterbatasan waktu kegiatan belajar mengajar (KBM), keterbatasan guru menggunakan IPTEK, kurangnya minat siswa pada mata pelajaran, kurangnya sarana prasarana dan dukungan orang tua serta wali murid yang masih kurang. Kata Kunci: Peran Guru Biologi, Profil Pelajar Pancasila

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Dr. Muhammad Rijal, M.Pd Pembimbing II: Surati M, Pd
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Usemahu Abdullah
Date Deposited: 25 Nov 2025 23:10
Last Modified: 25 Nov 2025 23:10
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/4791

Actions (login required)

View Item View Item