Search for collections on Repository UIN AM Sangadji Ambon

SKRIPSI_Pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap peningkatan pemahaman belajar siswa mata pelajaran matematika kelas VIII MTs Al-Anshor Ambon

Tasalisa, Jabida (2022) SKRIPSI_Pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap peningkatan pemahaman belajar siswa mata pelajaran matematika kelas VIII MTs Al-Anshor Ambon. Skripsi thesis, IAIN AMBON.

[img] Text
Halaman Awal.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (629kB)
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (940kB)
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (830kB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (938kB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (345kB)

Abstract

Kompetensi pedagogik guru adalah salah satu jenis kompetensi yang mutlak perlu dikuasai guru. kompetensi pedagogik guru merupakan kompetesi khas, yang akan membedakan guru dengan profesi lainnya dan akan menentukan tingkat keberhasilan proses dan hasil belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap peningkatan pemahaman belajar siswa kelas VIII MTs Al-Anshor Ambon. Tipe penelitian Deskritif Kuantitatif. Penelitian ini telah dilaksanaknan selama satu bulan di kelas VIII MTs Al-Anshor Ambon terhitung dari tanggal 10 Juni sampai dengan tanggal 10 Juli 2021. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII dengan jumlah siswa 30 sampel. Adapun instrument atau alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan soal tes. Berdasarkan hasil uji hipotesis pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap pemahaman belajar siswa dapat dilihat hubungan antara variabel sesuai dengan hasil analisis dengan mengunakan analisis Regresi Linier sederhana Rhitung = 0.675 yang apabila dikonsultasikan dengan ttabel sig = 0,00 sehinga nilai thitung 4.468 > 1,708 ttabel. maka dapat disimpulkan bahwa (Ha) diterima yang berbunyi “ada pengaruh kompetensipedagogik guru terhadap peningkatan pemahaman belajar siswa mata pelajaran matematika siswa kelas VIII MTs Al-Anshor Ambon Tahun Pelajaran 2020/2021. Besar pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap peningkatan pemahaman belajar siswa sebesar 41,28%. sedangkan 58,72% dipengaruhi oleh faktor lain. Kata Kunci: Kompetensi Pedagogik Guru, Pemahaman Belajar siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing i : Djaffar Lessy, M.Si., Ph.D. Pembimbing ii: Gamar Assagaf, M. Pd
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Usemahu Abdullah
Date Deposited: 09 Dec 2025 01:37
Last Modified: 09 Dec 2025 01:37
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/4815

Actions (login required)

View Item View Item