Search for collections on Repository UIN AM Sangadji Ambon

SKRIPSI_Analisis berpikir Pseudo Analitik dalam menyelesaikan masalah Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV)

Wally, Muthiah (2024) SKRIPSI_Analisis berpikir Pseudo Analitik dalam menyelesaikan masalah Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV). Skripsi thesis, IAIN AMBON.

[img] Text
Halaman Awal.pdf

Download (958kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (804kB)
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (747kB)
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (380kB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (841kB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (332kB)
[img] Text
Daftar Pustaka - Lampiran.pdf

Download (2MB)

Abstract

Berpikir pseudo analitik adalah proses mental yang erat kaitannya dengan penentuan prosedur dan penggunaan prosedur yang telah dipilih akan tetapi penentuan prosedur dan penggunaan prosedur yang dipilih masih semu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan berpikir pseudo analitik yang terjadi pada siswa dalam menyelesaikan masalah sistem persamaan linear tiga variabel (SPLTV). Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Subjek dari penelitian ini diambil dari siswa kelas X-1 SMA Negeri 9 Ambon yang. Peneliti menggunakan soal tes dan pedoman wawancara Hasil tes awal untuk penjaringan subjek dari 27 siswa diambil 2 subjek penelitian yang memenuhi indikator dari berpikir pseudo analitik. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes, wawancara, dan dokemuntasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan keismpulan. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa siswa yang mengalami berpikir pseudo analitik benar, berupa proses mental yang terjadi ketika siswa menentukan prosedur dan menggunakan prosedur yang seolah-olah benar akan tetapi setelah diselidiki salah. Dimana jawaban siswa benar namun alasan siswa belum benar saat siswa belum memahami pengurangan dengan masing-masing bukan karena adanya perpindahan ruas. Kemudian juga siswa belum mampu memaparkan alasan yang tepat dalam prosedur yang digunakan. Selanjutnya juga siswa menganggap soal yang diberikan sama dengan soal yang sebelumnya sehingga siswa tidak memperhatikan secara teliti bahwa adanya perbedaan. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa siswa kelas X-1 SMA Negeri 9 Ambon mengalami berpikir pseudo analitik dalam menyelesaikan masalah sistem persamaan linear tiga variabel (SPLTV). Kata Kunci: Berpikir Pseudo Analitik, Pemecahan Masalah, Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Dr. Abdillah, M.Pd dan Pembimbing II :Dina Amalya Lapele, M.Pd
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Usemahu Abdullah
Date Deposited: 12 Dec 2025 07:37
Last Modified: 12 Dec 2025 07:37
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/4818

Actions (login required)

View Item View Item