Pengaruh Model Pembelajaran Accelerated Learning Cycle (ALC) Dengan Strategi Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Al-Jabar Di Kelas VII SMP Mts Hasyim Asy’Ari Ambon

Utari, Wa Ode (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Accelerated Learning Cycle (ALC) Dengan Strategi Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Al-Jabar Di Kelas VII SMP Mts Hasyim Asy’Ari Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Hasil observasi pada siswa kelas VII, belum bisa mandiri dalam mengerjakan soal dan kurang respon pembelajaran di kelas. Oleh karena itu dibutuhkan model Pembelajaran Accelerated Learning Cycle (ALC) yang dapat menciptakan sebuah lingkungan proses belajar yang bermakna. Kemudian dibutuhkan suatu variasi dalam model pembelajaran yaitu Strategi Team Games Tournament (TGT). Tipe penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, instrumen yang digunakan adalah tes, lembar observasi, angket dan unjuk kerja. Sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Hasyim Asy’Ari Ambon. Berdasarkan hasil perhitungan yang dilakukan diperoleh persamaan regresi linear sederhana Y ̂ = 4,699 + 0,677 X. Ini berarti bahwa hasil belajar dapat diperkirakan apabila skor model pembelajaran Accelerated Learning Cycyle dengan strategi Teams Games Tournament (TGT) diketahui, yaitu setiap kenaikan variabel model pembelajaran Accelerated Learning Cycyle dengan strategi Teams Games Tournament (TGT) (X) satu satuan akan diikuti dengan kenaikan variabel hasil belajar (Y) sebesar 0,677 satuan. Nilai konstan sebesar 4,699. Selanjutnya, nilai t_hitung untuk koefisien regresi adalah 7.562 dengan nilai Sig. = 0,000. Bila dibandingkan dengan α = 0,05 untuk nilai Sig. lebih kecil dari α. Hal ini menunjukkan bahwa koefisien regresi dikatakan berarti. Berdasarkan uji hipotesis model pembelajaran Accelerated Learning Cycyle dengan strategi Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar siswa diketahui bahwa t_hitung = 7.562 > 2,064 = t_tabel atau nilai Sig. = 0,000 < α = 0,05. Dengan demikian H0 ditolak dan menerima Ha. Hal ini berarti bahwa model pembelajaran Accelerated Learning Cycyle dengan strategi Teams Games Tournament (TGT) (X) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar matematika (Y). Dengan besarnya adalah 47,3%, sedangkan sisanya sebesar 52,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang di luar model regresi ini. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Accelerated Learning Cycyle dengan strategi Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar, sebesar 47,3%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Dr. Abdillah, M. Pd. / Pembimbing II : Gamar Assagaf, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Accelerated Learning Cycle (ALC), Teams Games Tournamet (TGT), Hasil Belajar, Aljabar
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 15 Apr 2021 03:15
Last Modified: 15 Apr 2021 03:15
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/1209

Actions (login required)

View Item View Item