Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Konteks Game Matematika Online Dalam Meningkatkan Hasil belajar Materi Bilangan Bulat Pada Siswa Kelas VII SMP Al-Wathan Ambon

Almahdaly, Yehatim (2021) Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Konteks Game Matematika Online Dalam Meningkatkan Hasil belajar Materi Bilangan Bulat Pada Siswa Kelas VII SMP Al-Wathan Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I.III.V.pdf

Download (6MB)
[img] Text
YEHATIM ALMAHDALY.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Keberhasilan proses pembelajaran tidak terlepas dari kemampuan guru mengembangkan model pembelajaran. Model pembelajaran discovery learning adalah suatu model pembelajaran guru memperkenankan siswanya untuk menemukan konsep sendiri untuk dapat lebih aktif didalam proses pembelajaran, kognitif, efektif dan psikomotorik sehingga meningkatkan hasil belajar siswa, melalui model pembelajaran discovery learning. Penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran discovery learning konteks game matematika online materi bilangan bulat pada siswa kelas VII SMP Al-Wathan Ambon. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang ditempuh dalam dalam dua siklus. Setiap siklusnya terdiri dari 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, (observasi), dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan selama satu bulan, dimulai dari tanggal 11 oktober 2021 s/d tanggal 11 november 2021. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-1, VII-2 & VII-3 SMP Al-Wathan Ambon yang berjumlah 18 siswa. Instrumen yang digunakan berupa tes dan non tes berupa lembar observasi, serta data yang diperoleh di analisis dengan menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran discovery learning konteks game matematika online materi bilangan bulat pada siswa kelas VII SMP Al-Wathan Ambon. Hal ini di tandai dengan jumlah siswa yang tuntas pada tindakan siklus I adalah sebesar 66.11% (10 siswa dari 18 siswa), dan kembali meningkat siklus II sebesar 100% Pada siklus II menjadi 82,66% (18 siswa dari 18 siswa).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Mariana, S.Pd, M.Si / Gamar Assagaf M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Discovery Learning, Hasil Belajar
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 18 Mar 2022 06:09
Last Modified: 18 Mar 2022 06:09
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2253

Actions (login required)

View Item View Item