Peran Guru PAI dalam Mengatasi Kesulitan Membaca dan Menulis al-Qur’an pada Peserta Didik Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Kelas XI IPS Di SMA Negeri 1 Buru

Marni, Wa (2021) Peran Guru PAI dalam Mengatasi Kesulitan Membaca dan Menulis al-Qur’an pada Peserta Didik Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Kelas XI IPS Di SMA Negeri 1 Buru. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAGIAN PERTAMA.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (467kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (676kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (386kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (614kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (630kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (278kB)

Abstract

Masalah penelitian ini adalah mengenai kesulitan membaca dan menulis al-Qur’an pada peserta didik kelas XI IPS di SMAN 1 Buru. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran guru PAI dalam mengatasi kesulitan membaca dan menulis al-Qur’an pada peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler kelas XI IPS di SMAN 1 Buru serta faktor pendukung dan penghambat guru PAI dalam mengatasi kesulitan membaca dan menulis al-Qur’an pada peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler kelas XI IPS di SMAN 1 Buru. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, menggunakan data, wawancara serta keterlibatan peneliti dalam memperoleh data-data di lapangan. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi serta teknis analisis data berupa tahap reduksi, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru PAI dalam mengatasi kesulitan membaca dan menulis al-Qur’an pada peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler kelas XI IPS di SMAN 1 Buru yaitu: 1) Guru mengevaluasi peserta didik tentang materi yang pernah diberikan, 2) Guru memberikan tugas rumah kepada peserta didik, 3) Guru sebagai sang motivator di sekolah. Sedangkan faktor pendukung kesulitan membaca dan menulis al-Qur’an pada peserta didik yaitu: 1) sediakannya ruang kelas, 2) sarana dan prasarana, 3) dorongan dan motivasi guru PAI’. Sedangkan faktor penghambat yaitu: 1) kurangnya kedisiplinan peserta didik, 2) adanya Covid-19, 3) peserta didik yang berlatar belakang kurang mampu dalam ekonomi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Husni Suruali, M.Ag / La Rajab, S.Ag. M.A.
Uncontrolled Keywords: Peran Guru PAI, kesulitan membaca dan menulis al-Qur’an
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 27 Oct 2022 00:07
Last Modified: 27 Oct 2022 00:07
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2521

Actions (login required)

View Item View Item